Tahun Ajaran Baru, Jumlah Siswa SMP di Bangka Tengah Menurun

Rachmat Kurniawan ยท Rabu, 13 Juli 2022 - 17:42:00 WIB
Tahun Ajaran Baru, Jumlah Siswa SMP di Bangka Tengah Menurun
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Iskandar. (Foto: iNews.id/Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, iNews.id - Memasuki tahun ajaran baru, jumlah siswa baru di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, menurun. Tahun ini jumlah siswa baru tingkat SMP di daerah itu sebanyak 2.549 orang siswa.

"Jumlah siswa baru di Bangka Tengah tahun ini menurun. Siswa baru di SMP negeri sebanyak 2.135 orang dan 414 siswa baru di SMP swasta. Sedangkan jumlah siswa baru tingkat SMP pada tahun lalu sebanyak 2.621 orang," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Iskandar, Rabu (13/7/2022).

Dia mengatakan, penurunan jumlah siswa baru di tingkat SMP tahun ini belum bisa dipastikan penyebabnya. 

"Bisa jadi karena pertumbuhan penduduk atau ada yang pindah keluar daerah dan lainnya. Namun, jika ada yang berhenti sekolah biasanya karena faktor keluarga dan memang tidak ada niatan melanjutkan pendidikan," ujar Iskandar.

Sementara itu untuk jumlah siswa baru tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bangka Tengah tahun 2022 ini tercatat sebanyak 22.730 orang siswa.

"Sedangkan untuk siswa baru tingkat SD tahun ini kita menerima sebanyak 22.730 orang siswa, sekolah negeri sebanyak 20.927 siswa dan sekolah swasta 1.803 siswa," ucapnya.

Editor : Ikhsan Firmansyah

Bagikan Artikel: