Tak Punya Surat Antigen, 25 Pekerja asal Jateng Ditahan di Dermaga Teluk Rubiah

Rizki Ramadhani ยท Rabu, 11 Agustus 2021 - 14:28:00 WIB
Tak Punya Surat Antigen, 25 Pekerja asal Jateng Ditahan di Dermaga Teluk Rubiah
Petugas kesehatan melakukan swab test antigen terhadap salah satu penumpang asal Jawa Tengah, Rabu (11/8/2021). Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani

BANGKA BARAT, iNews.id - Sebanyak 25 penumpang asal Jawa Tengah (Jateng) ditahan di Dermaga Teluk Rubiah Pasar Ikan Muntok. Puluhan pekerja yang tiba pada Rabu (11/8/2021) pukul 08.00 WIB tersebut dilarang memasuki wilayah Bangka Barat karena tidak memiliki surat hasil antigen dengan keterangan negatif Covid-19.

Kapolres Bangka Barat, AKBP Agus Siswanto menyebutkan, puluhan pekerja tersebut tiba di Dermaga Teluk Rubiah setelah melakukan perjalanan laut dari Sungsang, Sumatera Selatan (Sumsel). Satgas Covid-19 di dermaga langsung melakukan swab test antigen terhadap seluruhnya.

"Tetap kita awasi semua yang masuk ke Bangka Barat, kita cek ada sudah divaksin ada juga yang belum vaksin. Kemudian 25 orang tersebut kami swab dan alhamdulillah negatif," ujar Agus.

Seluruh penumpang itu, lanjut kapolres, mau melanjutkan perjalanan ke Pangkalpinang untuk mengerjakan pembangunan puskesmas. Agus menilai mereka bekerja pada sektor esensial yang diperkenankan masuk namun harus melalui pemeriksaan antigen terlebih dulu.

"Sudah kami cek surat-suratnya memang mau kerja untuk membangun puskesmas, jadi termasuk esensial di Pangkalpinang," tuturnya.

Salah seorang penumpang, Dimas (22), mengakui rombongan hendak menuju Pangkalpinang untuk mengerjakan bangunan. Namun dia tidak mengetahui adanya ketentuan kelengkapan administrasi surat hasil antigen untuk melintas.

"Kalau urusan administrasi seperti surat rapid antigen saya enggak tahu karena saya ikut-ikut yang lain saja untuk bekerja di Bangka. Kami tiba di sini sekira pukul 08.00 WIB tadi dari daerah Sumsel pakai speedboat 5 unit," ujarnya.

Selepas mengikuti swab test antigen, seluruh pekerja dibawa ke Kantor Satlantas Polres Bangka Barat. Mereka harus menjalani pendataan terlebih dulu sebelum diizinkan melintas menuju Pangkalpinang.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: