Tambang Ilegal Kolong Marbuk koba Beraktivitas Malam Hari

Rachmat Kurniawan ยท Rabu, 07 Oktober 2020 - 20:31:00 WIB
Tambang Ilegal Kolong Marbuk koba Beraktivitas Malam Hari
Ponton tambang ilegal di kolong marbuk Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (7/10/2020). (Foto: iNews.id/Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH - Aktivitas tambang timah ilegal di areal eks tambang PT koba Tin Kolong Marbuk Kabupaten Bangka Tengah kian marak, Rabu (7/10/2020). Bahkan para penambang liar nekat beraktivitas pada malam hari.

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bangka Tengah, Sepriyandi  menilai aktivitas tambang timah ilegal di Kolong Marbuk telah mengganggu kenyamanan warga sekitar saat beristirahat malam hari.

"Aktivitas tambang ilegal Kolong Marbuk ini mengganggu kenyamanan warga, terlebih pada malam hari. Saya mengetahui persis karena saya juga warga Keluarahan Arung Dalam Kecamatan Koba yang dekat dengan Kolong Marbuk," ujar Ketua KNPI Bateng, Sepriyandi, Rabu (07/10/2020).

Dirinya pun berharap seluruh pihak terkait, baik pemerintah daerah (pemda) dan TNI/Polri dapat bersama-sama menghentikan aktivitas tambang ilegal ini.

"Ini harus dilakukan dari seluruh pihak, baik pemda, TNI dan Polri dalam menertibkan aktivitas ilegal ini. Sebab ini sudah mengganggu hak kenyamanan masyarakat,” ucapnya.

Lebih lanjut dirinya memahami dan mengerti kondisi saat ini memang sulit, namun ini bukan berarti jadi pembenaran untuk melegalkan kegiatan ilegal. Apalagi aktivitas itu sangat dekat dengan pemukiman penduduk.

"Kami tidak antitambang, namun kami ingin pelaku tambang mengerti azas-azas seperti yang saya sampaikan. Selain itu, lokasi tersebut rawan banjir, dan kami tidak mau karena ulah segelintir orang menyebabkan kerugian khalayak ramai," katanya.

Editor : Ikhsa Firmansyah