Tekan Kasus Positif Covid, Pemprov Babel Perpanjang Wajib Rapid Test Antigen Bagi Penumpang 

Antara · Sabtu, 09 Januari 2021 - 14:24:00 WIB
Tekan Kasus Positif Covid, Pemprov Babel Perpanjang Wajib Rapid Test Antigen Bagi Penumpang 
Pemeriksan rapid antigen. (Foto: Teddy Hendrawan)

PANGKALPINANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memperpanjang masa pemberlakuan rapid test antigen. Hal ini dikhususkan kepada penumpang angkutan udara dan laut, guna menekan angka kasus baru Covid-19 yang terus mengalami peningkatan.

"Kita memperpanjang masa pemberlakuan rapid test antigen Covid-19 yang dimulai pada 9 hingga 15 Januari 2021," kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Sabtu (9/1/2021).

Dia mengatakan, perpanjangan pemberlakuan rapid test antigen ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Dinas Perhubungan Kepulauan Babel, dengan Nomor 550/1051/DISHUB/2020 tentang Pemberlakuan Rapid Test Antigen/Swab Test Covid-19. SE ini untuk meminimalisir pasien terkonfirmasi virus corona yang mengalami peningkatan.

"Kami meminta Satgas Covid-19, operator bandara, KSOP, operator penerbangan, kapal laut untuk segera menyosialisasikan dan memberlakukan kewajiban rapid test antigen ini kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan menjelang Natal dan tahun baru," ujarnya.

Menurutnya, pasien positif terkonfirmasi Covid-19 di Babel meningkat. Sehingga, pemprov perlu melakukan upaya untuk meminimalisasi penyebaran virus berbahaya ini.

"Setiap masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke luar masuk Babel wajib melampirkan surat keterangan hasil rapid test antigen dengan status keterangan nonreaktif atau negatif Covid-19 yang diterbitkan oleh lembaga pelayanan kesehatan yang sah milik pemerintah, BUMN dan swasta," katanya.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel, Andi Budi Prayitno mengatakan, dalam mengoptimalkan pelayanan rapid test antigen ini, pemerintah provinsi telah menyediakan 22 fasilitas.

Fasilitas ini tersebar di Pulau Bangka sebanyak 16 lokasi yaitu Laboratorium Pro Medic, Pangkalpinang, Klinik Pratama RumKitBan/DKT Pangkalpinang, Naraya Medical Center Bandara Depati Amir Pangkalpinang, RSIA Muhaya Pangkalpinang, RSK Bhakti Wara Pangkalpinang, RS Bakti Timah Pangkalpinang.

Selanjutnya, Klinik Al Husni Sungailiat, RS Arsani Sungailiat, RS Medika Stannia Sungailiat, Laboratorium Antonius Belinyu, Klinik Pratama Medika Stannia Belinyu, RS Bakti Timah Muntok, RS Gunung Manik Parit Tiga, Klinik Bakti Timah Parit Tiga, RS Siloam Pangkalan Baru, Klinik dan Apotek Suci Medika Toboali.

Sementara sisanya, layanan rapid test antigen di Pulau Belitung yaitu Klinik Asyiah Medika Tanjung Pandan, Klinik Belitung Medical Center (BMC) Tanjung Pandan, Klinik Pratama Bakti Timah Tanjung Pandan, Farmalab Bandara HAS Hanandjoedin Tanjung Pandan, RS Utama Tanjung Pandan, RS Almah Tanjung Pandan.

"Sebelum melakukan perjalanan ke mana pun, baik itu domestik ataupun internasional, ada baiknya jika masyarakat mencari informasi terkini dari wilayah yang ingin dikunjungi," katanya.

Editor : Umaya Khusniah