Terduga Teroris Babel Ternyata Sudah Lama Dipantau, Ini yang Bikin Warga Kaget

Haryanto · Sabtu, 06 Februari 2021 - 03:30:00 WIB
Terduga Teroris Babel Ternyata Sudah Lama Dipantau, Ini yang Bikin Warga Kaget
Rumah terduga teroris di Pangkapinang Babel digeledah Densus 88. (Foto: iNews/Haryanto).

BANGKA, iNews.id - Seorang terduga teroris yang diamankan Densus 88 di Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel), ternyata sudah dipantau polisi sejak 2015. Warga tak menyadari kalau pelaku terlibat jaringan radikal.

Terduga teroris berinisial RG sudah masuk pemantauan polisi sejak 2015. Bahkan sudah pernah ada pembinaan untuk deradikalisasi, namun tak membuahkan hasil maksimal.

Saat dilakukan penangkapan dan pengeledahan di rumah RG, petugas dari Densus 88 dan Polda Babel mendapati banyak buku-buku bertema radikalisme. Dia diduga masuk jaringan kelompok yang berbaiat ke ISIS.

"Terus terang saya kaget sekali melihat buku-bukunya. Tema-temanya soal jihad," kata Sekretaris Desa Air Anyir, Yoga Aditya Jaya, yang turut menyaksikkan penggeledahan petugas, Jumat (5/1/2021).

Menurut dia, jumlah buku-buku yang diamankan petugas sampai dua kantong plastik besar. Selain itu terdapat juga pedang dan panah, tanpa busurnya.

Sebelum menangkap RG, Densus 88 bersama Polda Babel mengamankan K alias Gondrong, kelompok JAD Yogyakarta yang lolos saat penangkapan di daerah asalnya tersebut.

K dan RG disebut tidak berasal dari satu kelompok yang sama. Polisi mengamankan keduanya selama dua hari berturut-turut pada Kamis (4/2/2021) dan Jumat (5/2/2021).

Editor : Andi Mohammad Ikhbal