3 Universitas di Pangkal Pinang Bangka Belitung Pilihan Terbaik

Muhamad Rafi Naufal ยท Rabu, 13 Oktober 2021 - 12:40:00 WIB
3 Universitas di Pangkal Pinang Bangka Belitung Pilihan Terbaik
Kampus Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung. (Foto: Instagram @universitasbangkabelitung)

PANGKALPINANG, iNews.id -  3 universitas di Pangkal Pinang Bangka Belitung ini merupakan kebanggaan masyarakat Bangka Belitung. Pangkalpinang adalah ibu kota Provinsi Bangka Belitung. 

Sebagai ibukota provinsi, Pangkalpinang tentunya memiliki sarana pendidikan yang memadai seperti di provinsi lain. Pendirian perguruan tinggi di kota tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan masyarakat serta meningkatkan kualitas SDM. 

Berikut 3 Universitas di Pangkal Pinang Bangka Belitung yang dirangkum iNews.id, Rabu (13/10/2021). 

1. Univesitas Terbuka

Universitas di Pangkal Pinang Bangka Belitung yang pertama adalah Universitas Terbuka (UT). Universitas ini tidak hanya hadir di kota besar seperti Jakarta, Medan, dan Bandung. UT telah terintegrasi di Pangkal Pinang. 

UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik cetak (modul) maupun noncetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi).

Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. 

Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).

UT memiliki empat fakultas yaitu Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk jenjang Diploma dan Sarjana.

2. Universitas Bangka Belitung

Kegiatan belajar di Universitas Bangka Belitung. (Foto: Instagram @universitasbangkabelitung)
Kegiatan belajar di Universitas Bangka Belitung. (Foto: Instagram @universitasbangkabelitung)

Universitas di Pangkal Pinang Bangka Belitung berikutnya adalah Universitas Bangka Belitung (UBB). Kehadiran universitas ini telah lama dicita-citakan masyarakat Babel. 

Universitas Bangka Belitung resmi berdiri pada 12 April 2006. Merupakan penyatuan dari Politeknik Manufaktur Timah (Polman Timah), Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER Bangka), dan Sekolah Tinggi Teknik Pahlawan 12 (STTP 12).

Mahasiswa yang menuntut ilmu di UBB hingga tahun ajaran 2020/2021 berjumlah lebih dari 4.000 orang. Universitas ini telah mewisuda 5.000 orang.

UBB didukung para tenaga pengajar (dosen) berkualitas lulusan dalam dan luar negeri. Komitmen UBB untuk meningkatkan kualitas dosen yang memiliki jenjang akademik yang lebih tinggi. 

Rencana strategis UBB adalah penerapan good university governance dan penerapan sistem jaminan mutu pendidikan untuk seluruh fakultas dan program studi.


3. Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

Mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung. (Foto: Instagram @amal.fadhilah)
Mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung. (Foto: Instagram @amal.fadhilah)

Berikutnya dalam daftar universitas di Pangkal Pinang Bangka Belitung adalah Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (UMBB). Universitas ini salah satu kampus favorit calon mahasiswa baru di Kepulauan Bangka Belitung. 

UMBB berada di Jalan KH A Dahlan, Mangkol, Pangkalan Baru, Bangka Tengah. Menawarkan sejumlah program studi seperti Pendidikan Matematika, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Bahasa Inggris, Konservasi Sumber Daya Alam, Teknik Sipil dan Ilmu Komputer.

Itu dia tiga universitas di Pangkal Pinang Bangka Belitung. Bisa menjadi referensi untuk menentukan tempat perkuliahan setelah lulus dari bangku SMA/SMK.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: