Warga Bangka Tengah Tidak Boleh Lagi Isolasi Mandiri

Rachmat Kurniawan ยท Rabu, 02 Juni 2021 - 13:54:00 WIB
Warga Bangka Tengah Tidak Boleh Lagi Isolasi Mandiri
Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian Roesman, memastikan warga terpapar Covid-19 harus menjalani karantina di rumah karantina tingkat kecamatan atau failitas yang telah disediakan pemda. Foto: iNews.id/Rachmat Kurniawan

BANGKA TENGAH, iNews.id - Bangka Tengah menerapkan kebijakan larangan isolasi mandiri (isoman) bagi warga yang terpapar Covid-19. Warga yang terpapar diarahkan untuk menjalani isoman di rumah karantina di tingkat kecamatan atau yang telah disediakan oleh pemerintah daerah (pemda).

Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian Roesman, mengatakan, keputusan peniadaan isoman dilakukan berdasarkan hasil koordinasi dengan Satgas Covid-19 serta TNI-Polri. Kebijakan ini dapat dikecualikan kepada ibu yang sedang menyusui atau adanya kasus satu keluarga positif Covid-19.

"Ke depan kita tidak ada lagi warga yang melakukan isolasi mandiri di rumah, terkecuali dalam satu keluarga terkonfirmasi Covid-19 dan bagi ibu yang sedang menyusui," ujar Herry, Rabu (02/06/2021).

Kebijakan meniadakan isoman di Bangka Tengah dapat dimengerti karena angka kasus positif selalu meningkat. Warga yang menjalani isoman tidak ketat mengikuti prosedur sehingga bisa menularkan warga lain.

Hingga 1 Juli 2021, angka kasus Covid-19 di Bangka Tengah sebanyak 2.326 dengan 230 kasus aktif. Total pasien yang sembuh mencapai 2.065 sedangkan pasien meninggal sebanyak 31.

"Kita tentunya menegaskan tidak ada lagi warga yang melakukan isolasi mandiri, jika terkonfirmasi maka akan segera dilakukan isolasi di rumah karantina kabupaten atau di rumah karantina yang ada di kecamatan-kecamatan yang ada," ujar Herry.

Editor : Erwin Sihombing