Waspada Covid-19 Jenis Baru, Babel Tiadakan Transportasi Laut dan Udara

Antara · Rabu, 26 Mei 2021 - 13:58:00 WIB
Waspada Covid-19 Jenis Baru, Babel Tiadakan Transportasi Laut dan Udara
Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerapkan kebijakan peniadaan transportasi antarpulau jalur laut dan udara, guna mengantisipasi potensi penularan dan masuknya virus varian baru Covid-19 di negeri serumpun sebalai itu. Foto: Antara

PANGKALPINANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memutuskan untuk meniadakan transportasi laut dan udara antarpulau selama 26-31 Mei 2021. Keputusan ini dilakukan untuk mengantisipasi masuknya Covid-19 jenis baru di Babel.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Babel, Andi Budi Prayitno, mengatakan, keputusan tersebut dilakukan dengan mencermati terjadinya peningkatan kasus hampir di semua provinsi Sumatera. Kebijakan ini dilakukan dengan merevisi keputusan tentang peniadaan mudik Lebaran 2021.

"Mulai hari ini hingga 31 Mei 2020 kebijakan peniadaan transportasi laut dan udara diberlakukan kembali," kata Andi, di Pangkalpinang, Rabu (26/5/2021).

Dia menegaskan, kebijakan ini juga dilakukan dalam upaya pengendalian dan deteksi dini potensi penularan varian baru Covid-19. Babel sejauh ini masih bebas dari Covid-19 yang bermutasi.

Terus munculnya kasus baru di Babel, ujar Andi, disebabkan tingginya mobilitas warga dengan tidak menjalankan protokol kesehatan. Khususnya pada tempat-tempat keramaian dan fasilitas publik baik untuk aktivitas ekonomi, pendidikan, tak terkecuali aktivitas keagamaan dan rekreasi/pariwisata.

"Ini sebagai upaya pengendalian kasus dan deteksi dini terhadap potensi penularan dan masuknya mutasi serta varian baru Covid-19 di Pulau Bangka dan Belitung yang masih bebas dari varian baru virus corona itu," ujarnya.

Editor : Erwin Sihombing