Manto, salah satu warga yang menerima bantuan program BRS Disperkimhub Bangka Barat. (Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani)
Rizki Ramadhani

BANGKA BARAT, iNews.id - Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Perhubungan (Disperkimhub) Bangka Barat menyerahkan 30 unit Bantuan Rumah Swadaya (BRS) ke warga. Bantuan itu merupakan program pemerintah untuk peningkatan kualitas rumah layak huni

Penyerahan dilaksanakan secara simbolis di Gedung OR II, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat pada Kamis (18/8/2022). 

“Ini merupakan program pemerintah untuk peningkatan kualitas rumah layak huni melalui program BRS bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) 2022,” kata Kepala Disperkimhub Bangka Barat, Hanson.

Dia mengatakan sebanyak 30 penerima bantuan itu tersebar di sejumlah kampung di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung

"Jadi, 30 rumah sudah akan kita laksanakan dan ini tersebar di Kampung Tanjung, Kampung Teluk Rubiah dan Kampung Tanjung Laut Kota Muntok," ujarnya. 

Hanson menuturkan jumlah dana BRS yang diberikan kepada penerima bantuan adalah sebesar Rp40 juta. 

"Nominalnya Rp40 juta. Sumber dananya dari dana DAK dan ada juga dari dana sharing APBD," tuturnya. 

Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming menyampaikan melalui program BRS ini dapat memfasilitasi kebutuhan dasar masyarakat yakni rumah yang layak huni. 

"Bisa memfasilitasi masyarakat kita minimal kebutuhan dasarnya yaitu rumah," ujar Bong Ming Ming. 

Manto (58), salah satu warga yang menerima bantuan mengaku sangat bersyukur. Sebab, rumahnya nanti dapat dihuni dengan layak. 

"Iya, sebelumnya disurvei dulu sama orang pemda, alamatnya di Muntok Asin, Jalan Tanjung Kalian, Kelurahan Tanjung. Begitulah, memang tidak layak dan sudah agak bocor. Alhamdulillah aman dan tentram perasaan saya, sehari-hari saya melaut," kata Manto. 


Editor : Ikhsan Firmansyah

BERITA TERKAIT