Jelang Kunjungan Delegasi G20 ke Tanaman Bakau Tua, Selat Nasik Berbenah (Foto: Dok Pemdes Selat Nasik)
Inin nastain

BELITUNG, iNews.id - Kabupaten Belitung sebagai daerah kepulauan memiliki hamparan pantai yang cukup indah. Bahkan, rencananya delegasi G20 akan mengunjungi Desa Selat Nasik, Kecamatan Selat Nasik yang memiliki keindahan luar biasa.

Di sana, terdapat tanaman Bakau, yang disebut-sebut sudah berusia cukup tua. Keberadaan Bakau berusia tua itu, menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata tersebut. Meski belum ada kepastian kedatangan delegasi, pemerintah desa setempat sedang melakukan pembenahan. 

"Saat ini belum ada kepastian, baru sebatas rencana salah satu yang akan dikunjungi (delegasi G20) di Pulau Mendanau. Kebetulan lokasi yang akan dikunjungi adalah lokasi Bakau tua yang ada di desa kami, desa Selat Nasik," kata kepala desa (Kades) Selat Nasik, Anuar, Senin (8/8/2022).

Dijelaskannya, pihaknya masih menunggu kepastian terkait jadwal kunjungan itu. Untuk persiapan sendiri, saat ini sudah sekitar 80 persen.

"Kami juga masih menunggu info fixnya,namun kami berupaya untuk penyiadaan sarpras di sana. Persiapan kalau di Pulau Langer yang ada bakaunya sudah kisaran 80 persen," katanya.

"Ini tinggal lagi menyiapkan sarpras di Pasir Panjang. Dalam waktu dekat akan segera kami siapkan juga sarpras di pasir panjang, yang nantinya kami arahkan delegasi yang berkunjung untuk melihat Bakau tua dan pantai yang ada di desa Selat Nasik," ucapnya.

Terkait kunjungan, Anuar menyebutkan masih berasal dari daerah sekitar. Pasalnya, keberadaan Bakau Tua sendiri baru diketahui beberapa bulan ke belakang.

Keberadaan Bakau tua ini baru dibuka pada bulan Februari 2022.  Wisatawan yang resmi melalui pihak travel belum ada. Namun, lokasi tersebut telah dikunjungi mantan Gubernur Erzaldi, Pemda Belitung dan dari pihak Polri.


Editor : Nani Suherni

BERITA TERKAIT