Proses evakuasi korban tertimbun tanah longsong di Desa Metawak, Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur, Minggu (17/7/2022). (Foto: ist)
Suharli

BELITUNG TIMUR, iNews.id - Kecelakaan tambang terjadi di area perkebunan Jalan Lama, Desa Mentawak, Kelapa Kampit, Belitung Timur, Bangka Belitung, Minggu (17/7/2022) dini hari. Satu orang pekerja tambang tewas dalam kejadian tersebut.

Korban diketahui bernama DF (43) warga Dusun Aik lanci, Desa Air Kelik, Kecamatan Damar. Korban tewas akibat tertimbun tanah longsor di lokasi tambang timah.

"Korban sudah dievakuasi tadi pagi (17/7/2022) ke Puskesmas Kelapa Kampit, kemudian dibawa ke rumah duka," kata Kapolsek Kelapa Kampit, AKP Morhan.

Kapolsek mengatakan kejadian berawal saat korban bersama rekannya AS sedang menambang bijih timah menggunakan mesin Robin di Jalan Lama Desa Mentawak. 

Saat itu, kata dia, korban dan rekannya berada di tempat berbeda. Korban berada di dalam lubang galian tambang dan AS di atas sebuah sakan (pemisah bijih timah dan pasir).

"Tiba-tiba rekannya melihat korban sudah tertimbun tanah longsor di dalam lubang galian tambang tersebut," ujar Kapolsek.

Kemudian, kata dia, AS berusaha menyelamatkan korban dengan cara mengeruk tanah menggunakan tangannya.

“Saat dilihat, korban sudah tidak bernyawa. Kemudian AS meminta pertolongan kepada masyarakat sekitar, lalu korban dilarikan ke puskesmas,” kata AKP Morhan.

Saat ini kasus kecelakaan tambang yang menewaskan seorang pekerja ini ditangani Polsek Kelapa Kampit.


Editor : Ikhsan Firmansyah