300 Personel TNI-Polri Jaga Ketat Jalur Tikus Keluar Masuk Bangka Barat 

Rizki Ramadhani · Selasa, 04 Mei 2021 - 11:13:00 WIB
300 Personel TNI-Polri Jaga Ketat Jalur Tikus Keluar Masuk Bangka Barat 
Kapolres Bangka Barat dan Dandim 0431 meninjau Pelabuhan Tanjung Kalian, Selasa (4/5/21). Foto: iNews.id/Istimewa.

BANGKA BARAT, iNews.id - Polres Bangka Barat dan Kodim 0431/BB siap menerjunkan 300 personel pengamanan jelang pemberlakuan larangan mudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Seluruh jalur tikus untuk keluar-masuk Pulau Bangka bakal dimonitor secara ketat.

Kapolres Bangka Barat, AKBP Fedriansah, mengatakan, dalam Operasi Ketupat, TNI-Polri di Bangka akan mengoptimalkan posko di Pelabuhan Tanjung Kalian dan beberapa posko di titik-titik yang sesuai dengan kebutuhan.

"Untuk Operasi Ketupat ini anggota Polri yang dilibatkan termasuk Polsek ada dua pertiga personel, kalau itu kekuatannya sekitar 200 personil. Nanti yang 100 personil dari TNI, Satpol PP, dan instansi terkait. Jadi total ada 300," ujar Kapolres Bangka Barat, AKBP Fedriansah, Selasa (4/5/21).

Sedangkan pengamanan untuk mencegah warga mudik memanfaatkan jalur tikus di Bangka Barat, pihak polres bekerja sama dengan Kodim 0431/BB. Terkait penjagaan di jalur tikus ini, Dandim 0431/BB Letkol Inf. Agung Wahyu Perkasa menuturkan, personelnya akan mengawasi jalur-jalur tikus selama 1x24 jam untuk meminimalisir terjadinya warga yang nekat menyeberang.

"Nanti kita tempatkan yang 1x24 jam mereka ada di sana. Contohnya pos penjagaan seperti didaerah PAL 6 dan Simpang Ibul, tugasnya apabila ada yang datang maka dihalau untuk kembali. Dan apabila ada yang datang mau keluar kita halang untuk menyeberang. Intinya kita tidak menerima orang yang masuk dan juga orang yang keluar," tutur Letkol Inf. Agung Wahyu Perkasa.

Editor : Erwin Sihombing