Guru di Bangka Tengah Antusias Jalani Vaksin Covid-19 

Rachmat Kurniawan · Selasa, 04 Mei 2021 - 10:59:00 WIB
Guru di Bangka Tengah Antusias Jalani Vaksin Covid-19 
Seorang guru di Bangka Tengah menerima vaksin. Foto: iNews.id/Rachmat Kurniawan

BANGKA TENGAH, iNews.id – Kalangan guru di Bangka Tengah antusias mengikuti vaksinasi Covid-19. Pelaksanaan vaksinasi terhadap guru dilakukan secara bertahap mengingat keterbatasan dosis.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Zaitun, mengatakan tidak seluruh guru yang menerima vaksin di Bangka Tengah. Sebab, sekarang ini, prioritas utama dilakukan kepada kalangan lansia yang difokuskan selesai sebelum Idul Fitri. 

“Antusiasme guru ini tinggi untuk divaksin. Namun ketersediaan vaksin kita hanya 1.200 dosis dan itu pun dibagi dengan lansia, karena peraturan pemerintah yang juga memfokuskan pemberian lansia sebelum Lebaran ini. Jadi tidak semua guru bisa tervaksin,” ujar, Zaitun, Selasa (04/05/2021).

Vaksinasi di Bangka Tengah telah berproses selama satu bulan belakangan ini. Kalangan guru aktif menyurati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah untuk difasilitasi. 

Meski kewenangan pemerintah kabupaten hanya memberi vaksin terhadap pendidik tingkat SD hingga guru pada tingkat SMP, permohonan vaksinasi juga datang dari guru dari SMA yang dinaungi langsung pemerintah provinsi.

“Permohonan dari guru SMA juga ada ke kita untuk divaksin, tapi SMA ini kan di kewenangan provinsi. Maka kita sarankan untuk mengajukan dulu ke provinsi dan pelaksanaan vaksinnya di fasilitas kesehatan kita,” ujar Zaitun. 

Editor : Erwin Sihombing