ABK Kapal Hantu Masih Dikejar, Diduga Ada 4 Pelaku

Haryanto ยท Senin, 07 Juni 2021 - 19:39:00 WIB
ABK Kapal Hantu Masih Dikejar, Diduga Ada 4 Pelaku
Kapolda Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat. (Foto: iNews.id/Haryanto)

PANGKALPINANG, iNews.id - Jajaran Polda Bangka Belitung (Babel) berkerja sama dengan Polda Sumatera Selatan (Semsel), masih memburu Anak Buah Kapal (ABK) kapal cepat atau kapal hantu yang masuk hutan bakau, saat dikejar helikopter polisi pada Sabtu (6/6/2021) kemarin. Polisi menduga ada empat orang yang mengawaki kapal tersebut.

"Pelaku saat ini masih kami kejar. Diperkirakan ada empat orang. Itu berdasarkan jejak kaki yang ditemukan petugas di lokasi," kata Kapolda Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, Senin (7/6/2021).

Ia menuturkan, selain belum tertangkapnya para ABK, pihaknya kesulitan mengevakuasi kapal tanpa nama tersebut atau yang sering disebut kapal hantu yang masuk sekitar 75 meter ke dalam hutan bakau dari bibir pantai.

"Kondisi kapal masuk ke dalam bakau yang berlumpur sangat dalam, sekitar sepinggang orang dewasa. Memerlukan waktu serta kemampuan khusus untuk mengevakuasinya," tuturnya.

Sementara, dugaan barang ilegal yang sempat dibuang pelaku ke laut juga belum berhasil ditemukan oleh polisi.

"Barang apa yang dibuang pelaku, kami juga belum bisa pastikan. Di atas kapal hantu ini hanya ditemukan beberapa jerigen berisi bahan bakar minyak (BBM) untuk kapal yang mereka gunakan," katanya.

Editor : Ikhsa Firmansyah