Ajak Warga Pulau Besar Kembangkan Kerajinan Purun, Dekranasda Babel Berikan Pelatihan

Wiwin Suseno ยท Jumat, 20 November 2020 - 00:02:00 WIB
Ajak Warga Pulau Besar Kembangkan Kerajinan Purun, Dekranasda Babel Berikan Pelatihan
Ketua Dekranasda Babel memperlihatkan hasil kerajinan purun pengrajin Pulau Besar. (Foto:iNews.id/Istimewa)

BANGKA SELATAN, iNews.id - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bangka Belitung, memberikan pelatihan kerajinan purun bagi warga Kecamatan Pulau Besar, Kabupaten Bangka Selatan. Pelatihan digelar selama tiga hari mulai 17 hingga 19 November 2020.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat setempat agar lebih inovatif dalam mengembangkan kerajinan purun, sehingga dapat meningkatkan ekonomi pengrajin.

Dalam pelatihan itu, para peserta dikenalkan cara membuat sedotan/straw berbahan purun dan kerajinan lain seperti tikar, tas dan vas bunga dengan model terkini. Mulai dari proses awal pembuatan hingga pengemasan.

Sedangkan hasil kerajinan purun nantinya akan dikenalkan dengan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Melati Erzaldi, Ketua Dekranasda Babel yang melihat secara langsung proses pelatihan kerajinan berbahan purun mengatakan, keterampilan membuat purun menjadi straw atau sedotan sangat tepat dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan.

"Hasil pelatihan harus dimanfaatkan agar pengrajin lebih inovatif, sehingga memiliki nilai jual tinggi serta pasar yang luas," katanya, Kamis (19/11/2020).

Hartati selaku mentor pelatihan, memberikan apresiasi atas antusias pengrajin di Pulau Besar dalam mengikuti pelatihan tersebut.

"Dengan keterampilan yang telah didapat selama pelatihan serta didukung bahan baku yang cukup melimpah, saya berharap pengrajin di Pulau Besar mampu mengembangkan kerajinan purun ini," kata hartati.


Editor : Ikhsa Firmansyah