Cuaca Buruk di Bangka Tengah, Pengepul Kesulitan Dapatkan Ikan dari Nelayan

Rachmat Kurniawan · Kamis, 18 November 2021 - 14:00:00 WIB
Cuaca Buruk di Bangka Tengah, Pengepul Kesulitan Dapatkan Ikan dari Nelayan
Pengepul ikan Pantai Tanjung Lanka Koba Bangka Tengah, Rukinah. (Foto: iNews.id/Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, iNews.id - Dampak cuaca buruk yang melanda Kabupaten Bangka Tengah dalam sepekan terakhir mulai dirasakan oleh para pengepul ikan. Para pengepul saat ini mulai kesulitan untuk mendapatkan pasokan ikan segar dari nelayan Bangka Tengah.

Salah satu pengepul ikan di pesisir Pantai Tanjung Lanka, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Rukinah mengaku kesulitan mendapatkan ikan yang berukuran besar dari para nelayan. 

"Nelayan saat ini sulit untuk melaut. Hasil tangkapan ikan pun menurun sampai 50 persen, bahkan ada yang kembali tanpa hasil. Jadi sekarang ini memang sulit untuk mendapatkan ikan segar dari nelayan," kata Rukinah, Kamis (18/11/2021).

Rukinah menuturkan, setiap hari dirinya selalu menunggu hasil tangkapan ikan nelayan. Namun beberapa hari terakhir, tidak banyak nelayan yang melaut akibat cuaca buruk. 

"Tiap hari memang nelayan di Pantai Tanjung Langka ini turun melaut, tapi tidak semua. Karena cuaca seperti ini dan bulan terang," tuturnya.

Saat ini, kata dia, hanya ikan-ikan berukuran kecil yang banyak didapat oleh para nelayan Bangka Tengah. 

"Saya kesulitan dapat ikan ukuran besar, paling banyak ikan-ikan kecil seperti ikan teri. Untuk cumi juga kurang sekarang ini," katanya.

Editor : Ikhsan Firmansyah

Bagikan Artikel: