Bangka Barat Zona Merah Covid-19, PPKM Mikro Dilakukan di 9 Desa

Antara ยท Minggu, 02 Mei 2021 - 14:53:00 WIB
Bangka Barat Zona Merah Covid-19, PPKM Mikro Dilakukan di 9 Desa
Satgas Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung gencarkan tes usap untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Foto: Antara)

PANGKALPINANG, iNews.id - Kabupaten Bangka Barat Provinsi Bangka Belitung (Babel_ masuk zona merah Covid-19. Kabupaten tersebut saat ini berisiko tinggi penularan Covid-19.

Satgas Covid-19 Babel telah menindaklanjuti hal tersebut dengan menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di Bangka Barat.

"Kita telah menerapkan PPKM skala mikro di sembilan desa di Kabupaten Bangka Barat," kata Jubir Satgas Covid-19 Babel, Andi Budi Prayitno, Minggu (2/5/2021).

Sembilan desa itu yakni Desa Jebus, Ranggi Asam, Mislak, Sinar Manik, Sekar Biru, Tempilang, Sungai Baru, Sungai Daeng, dan Belo Laut.

Sementara itu enam kabupaten/kota lainnya di Babel saat ini berstatus zona oranye atau berisiko sedang penularan Covid-19.

Menurutnya penetapan zona risiko penularan Covid-19 ini dibuat mingguan berdasarkan indikator kesehatan masyarakat. Di antaranya jumlah kasus infeksi virus corona dan jumlah kasus suspek, serta indikator pelayanan kesehatan yang mencakup tingkat keterisian tempat tidur pasien di rumah sakit.

Sebelumnya Satgas Covid-19 mencatat ada lima kabupaten/kota di Babel yang mencatat lonjakan kasus Covid-19 dalam sepekan. Selain Bangka Barat, yakni Bangka, Belitung, Bangka Tengah, dan Pangkalpinang.

"Dalam sepekan terakhir orang terkonfirmasi Covid-19 mencapai 1.406 orang, dan meninggal 22 orang," tuturnya.

Editor : Reza Yunanto