Bangka Tengah Kembangkan Budi Daya Kepiting Bakau Sistem Crab Estate

Rachmat Kurniawan ยท Jumat, 05 Agustus 2022 - 16:35:00 WIB
Bangka Tengah Kembangkan Budi Daya Kepiting Bakau Sistem Crab Estate
Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman meninjau pengembangan budi daya kepiting bakau dengan sistem crab estate. (Foto : iNews.id/Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perikanan mulai merintis dan mengembangkan budi daya kepiting bakau dengan sistem crab estate atau apartemen box. Melalui sistem ini, kualitas kepiting dapat lebih terjaga dan tidak memakan banyak tempat dalam pembudidayaannya. 

"Kami mulai merintis budi daya kepiting bakau dengan sistem crab estate di penangkaran penyu Desa Guntung. Dalam kurun waktu tiga bulan, berat awal kepiting 100 gram mampu berkembang hingga 300 gram," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, Jumat (5/8/2022).

Menurut Algafry, dirinya sempat kaget saat melihat kepiting bakau yang berhasil dibudidayakan di lokasi ini. Sebab, berat kepiting bakau mampu mencapai hampir 5 ons dan tampilan luar kepiting bakau berukuran cukup besar serta telah layak jual. 

"Ini salah satu kepiting bakau yang berhasil dikembangkan di crab estate ini, beratnya sudah mencapai 4,6 ons. Ini akan terus kita kembangkan dan kita rintis sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Ke depan, kata dia, sistem ini akan diimplementasikan kepada masyarakat untuk pengembangan kepiting bakau, seperti tambak udang rakyat saat ini. 

“Kami harap pengembangan kepiting bakau ini juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat," ucapnya. 

Dalam pengembanganya, Algafry meminta kepada Dinas Perikanan untuk dapat memanfaatkan lahan Pemda Bangka Tengah di belakang penangkaran penyu.

“Lahan itu dapat dimanfaatkan dalam pengembangan kepiting bakau,” tuturnya.

Editor : Ikhsan Firmansyah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: