Bangka Tengah Sukses Kembangkan Tambak Rakyat, Potensi Udang Vaname Sangat Besar

Rachmat Kurniawan ยท Sabtu, 20 November 2021 - 14:51:00 WIB
Bangka Tengah Sukses Kembangkan Tambak Rakyat, Potensi Udang Vaname Sangat Besar
Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman melakukan panen perdana udang vaname di tambak rakyat Gempa 01 Desa Kurau Barat. (Foto: iNews.id/Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, iNews.id - Kabupaten Bangka Tengah sukses mengembangkan tambak udang rakyat di daerahnya. Terbukti, dalam kurun waktu 93 hari kelompok budi daya udang Gempa 01 Desa Kurau Barat sukses melakukan panen raya udang vaname seberat 17 gram per ekornya.

"Tiga bulan lalu benih udang vaname atau benur sama-sama kita tabur, hari ini telah sukses melakukan panen perdana. Udang yang dihasilkan pun cukup memuaskan, dengan berat rata-rata 17 gram per ekor," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman usai melakukan panen perdana pada Jumat (19/11/2021).

Melihat hasil tersebut, Algafry mengungkapkan jika potensi udang vaname sangat besar untuk dikembangkan di Kabupaten Bangka Tengah. 

"Kita lihat bersama potensi udang vaname sangat luar biasa untuk bisa kita kembangkan di Kabupaten Bangka Tengah. Sebab kalau dihitung dengan modal yang dikeluarkan dan keuntungan yang dihasilkan, ini sangat menguntungkan. Dengan kualitas yang biasa saja, orang sudah menawarkan Rp80.000 per kilogramnya," ujarnya. 

Keberhasilan ini pun akan dijadikan percontohan di tempat-tempat lain. Nantinya tambak rakyat ini juga akan dikembangkan di dua desa lainnya di Kabupaten Bangka Tengah.

"Saya harap ini dapat menjadi percontohan bagi daerah lainnya. Nanti tambak udang rakyat ini akan dibuka di Desa Guntung dan Desa Kayu Besi," ucapnya.

Sementara itu pengelola tambak udang rakyat Gempa 01 Desa Kurau Barat, Mimin mengaku jika dalam pemeliharaan udang vaname di tambak rakyat memang terbilang tidak mudah. Namun dirinya meyakini jika pemeliharaannya juga tidak sulit, hanya membutuhkan keuletan.

"Kalau dibilang sulit, ya sulit ya. Sebab kita semua di sini masih pemula dan masih bingung dalam pemeliharaannya. Mulai dari pengaturan kontruksi, pengaturan air, hingga pemeliharaan udang tersebut," kata Mimin.

Editor : Ikhsan Firmansyah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: