Basarnas Babel Segera Buka Posko SAR di Bangka Barat  

Rizki Ramadhani · Rabu, 02 Juni 2021 - 15:29:00 WIB
Basarnas Babel Segera Buka Posko SAR di Bangka Barat  
Basarnas Babel menilai Bangka Barat membutuhkan satu posko SAR. Secara geografis Bangka Barat tergolong rawan bencana pelayaran. Foto: Istimewa

BANGKA BARAT, iNews.id - Basarnas Bangka Belitung (Babel) segera membuka posko SAR di Bangka Barat. Bupati Bangka Barat beserta jajaran Forkopimda telah menyepakati untuk memproses pembangunan posko. 

Kepala Basarnas Babel, Fazzli, mengatakan, posko SAR di Bangka Barat penting mengingat kawasan tersebut tergolong wilayah rawan bencana pelayaran. Terlebih lagi Bangka Barat merupakan destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Secara geografis Kabupaten Bangka Barat berada di daerah perbukitan, dan sebagaian besar merupakan daerah pesisir yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Bukan hanya itu, jalur pelayaran yang ada Bangka Barat sendiri sangat ramai sehingga ini merupakan wilayah yang membutuhkan jasa pelayanan SAR yang cepat apabila dibutuhkan," ujar Fazzli, Rabu (2/6/2021).

Fazzli menambahkan, untuk mendukung posko SAR, Basarnas Babel akan menempatkan satu unit kapal cepat Rigid Inflatable Boat (RIB), dan alat pendukung lainnya. Dirinya berharap pembangunan posko dapat terealisasi dalam waktu dekat.

"Untuk menunjang pos SAR Muntok Bangka Barat kami akan tempatkan satu alat utama Kapal Cepat RIB dilengkapi dengan mesin 500PK, mobil truk personel, peralatan SAR dan medis untuk mendukung operasi SAR di wilayah Bangka Barat," kata Fazzli.

Editor : Erwin Sihombing