Cegah Penumpukan Kendaraan, Polisi Maksimalkan Area Kantong Parkir di Pelabuhan Tanjung Kalian

Rizki Ramadhani ยท Kamis, 28 April 2022 - 15:16:00 WIB
Cegah Penumpukan Kendaraan, Polisi Maksimalkan Area Kantong Parkir di Pelabuhan Tanjung Kalian
Kantung parkir yang tersedia di luar kawasan Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok. (Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, iNews.id - Polres Bangka Barat menyiapkan pola untuk ketertiban dan kelancaran lalu lintas dalam menghadapi arus mudik lebaran di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Salah satunya fokus mengurai antrean kendaraan di luar kawasan pelabuhan.

"Jadi pola skenarionya nanti kita coba untuk memenuhi kantong-kantong parkir yang di sisi-sisi pelabuhan maupun di dalam pelabuhan. Pola itu untuk menghindari penumpukan kendaraan agar tidak menganggu arus lalu lintas," kata Kepala Pos Pengamanan Terpadu Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, IPTU Ogan Arif, Kamis (28/4/2022). 

Hingga H-5 lebaran, kata dia, jumlah kendaraan yang mengantre di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok mencapai ratusan kendaraan. 

"Untuk kantong parkir di dalam bisa diperkirakan sekitar 300 mobil, kalau di buffer zone ini kurang lebih sekitar 200an mobil. Sedangkan sesuai dengan nomor antrian sekarang sudah mencapai 700an, baik kendaraan pribadi maupun truk," tuturnya. 

Sementara itu, kata dia, pihaknya selalu melakukan patroli rutin di area dalam dan luar pelabuhan. Hal itu untuk menjaga keamanan pemudik berikut kendaraannya. 

"Untuk keamanan kami juga melakukan patroli di sekitar buffer zone atau kantong-kantong parkir maupun di dalam pelabuhan. Untuk menghindari kejadian pencurian atau sebagainya. Selain itu juga untuk mencegah orang-orang yang mau nyalip, agar tidak menimbulkan keributan," katanya. 

Editor : Ikhsan Firmansyah

Bagikan Artikel: