Disparbud Bangka Barat Siap Gelar Pertunjukan Kesenian dan Kebudayaan di Tengah Pandemi

Rizki Ramadhani ยท Kamis, 15 Oktober 2020 - 15:01 WIB
Disparbud Bangka Barat Siap Gelar Pertunjukan Kesenian dan Kebudayaan di Tengah Pandemi
Dokumentasi gelaran seni budaya di Bangka Belitung. (Foto : iNews.id/ Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, iNews.id - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat siap menggelar beberapa pertunjukan atau pagelaran terkait dengan kesenian dan kebudayaan pada November 2020 mendatang. Kegiatan ini sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat, Bambang Haryo Suseno mengatakan, gelaran seni budaya tersebut dilaksanakan dalam waktu seminggu.

"Disebut pekan kebudayaan karena akan dilaksanakan dalam satu minggu, Senin sampai Jumat, cuma waktu dan tanggalnya belum dipastikan," ujarnya, Kamis (15/10/2020).

Dalam pagelaran kebudayaan nanti, pihak terkait akan menyajikan secara audio visual dalam bentuk video dokumenter atau talkshow, podcast, terkait dengan objek-objek kemajuan budaya yang ada di Bangka Barat.

"Misalnya beberapa warisan budaya yang sudah ditetapkan mulai dari cual, makanan khas pantiau ubi, kemudian beberapa upacara tradisi taber yang ada di Bangka Barat. Selain itu beberapa kesenian tradisi seperti campak, dambus, dan beberapa lagu-lagu yang digarap secara tradisional juga akan dihadirkan," tuturnya.

Dalam satu pekan nanti, Disparbud akan menghadirkan sebuah suguhan kekayaan budaya yang ada di Bangka Barat, dalam bentuk audio visual. Acara ini kemungkinan akan disiarkan lewat akun YouTube dan media sosial lain yang dimiliki oleh Pemkab Bangka Barat.

"Untuk dirilis dalam satu pekan, sebagai bentuk dari upaya semangat kebudayaan daerah di Bangka Barat. Jadi walaupun bentuk pertunjukannya tidak ada tapi secara tontonan masih bisa dinikmati oleh masyarakat," katanya.


Editor : Ikhsa Firmansyah