Dua Jam Diguyur Hujan, Pangkalpinang Dilanda Banjir

Haryanto · Selasa, 26 Januari 2021 - 18:15:00 WIB
Dua Jam Diguyur Hujan, Pangkalpinang Dilanda Banjir
Rumah warga dan ruas jalan di Pangkalpinang terendam banjir. (Foto : iNews.id/Haryanto)

PANGKALPINANG, iNews.id - Sejumlah rumah warga di tiga kecamatan di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) direndam banjir, Selasa (26/1/2021). Banjir melanda wilayah itu setelah diguyur hujan sekitar dua jam. 

Kasi Pencegahan BPBD Pangkalpinang, Rental Winanta mengatakan, pihaknya kini tengah mendata rumah warga yang terdampak.

"Rumah warga yang terdampak ada di tiga kecamatan yaitu Gerunggang, Tamansari dan Rangkui," katanya.

Ketinggian air, kata dia, tergantung topografi wilayah. Dikawasan rendah genangan air mencapai ketinggian sepinggang orang dewasa.

"Daerah yang saya lewati tadi ketinggian air hampir satu meter. Banjir disebabkan curah hujan tinggi dan drainase yang mampet. Sebab, banyak sampah saya lihat tadi," ujarnya.

Selain rumah, banjir juga menggenangi sejumlah ruas jalan di Kota Pangkalpinang. Bahkan SPBU dan pertokoan di Jalan A Yani tergenang air.

Warga berharap, Pemkot Pangkalpinang segera mengambil langkah taktis untuk mengatasinya, mengingat banjir sudah sangat sering terjadi.

Wakil Ketua DPRD Kota Pangkalpinang, Rosdiansyah Rasyid, yang rumahnya terdampak banjir mengatakan, sebulan bisa sampai empat kali banjir melanda lingkungan rumahnya. 

"Kalau hujan deras, air dari atas itu masuk ke sini ditambah lagi dengan pasang air laut. Air yang tak bisa mengalir ke laut meluap masuk ke rumah warga di sini, termasuk rumah saya," kata Rasyid.

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2