Gaet Wisatawan, Bangka Barat Dorong Homestay Pertahankan Ciri Budaya Lokal

Antara ยท Kamis, 23 September 2021 - 15:55:00 WIB
Gaet Wisatawan, Bangka Barat Dorong Homestay Pertahankan Ciri Budaya Lokal
Kepala Dinas Pariwiaata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat, M Ali. (Foto: Antara)

MENTOK, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat mendorong para pemilik jasa usaha homestay atau pondok wisata mempertahankan ciri khas budaya lokal. Hal tersebut untuk menggaet minat wisatawan berkunjung ke daerah itu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, M Soleh mengatakan pada tahun 2015 Bangka Barat telah berhasil menggelar kegiatan International Homestay Fair yang diikuti ratusan peserta dari luar daerah dan mancanegara. 

“Ini merupakan salah satu bukti usaha pondok wisata yang bisa diandalkan sebagai salah satu daya tarik wisatawan,” katanya, Kamis (23/9/2021).

Menurut dia budaya masyarakat yang ramah tamah kepada siapa saja harus tetap dipertahankan, ditambah lagi pengenalan potensi lokal. 

“Baik itu kuliner, adat dan kekayaan alam yang beda dengan daerah lain tentunya akan memiliki kesan tersendiri bagi siapa saja yang datang," ucapnya.

Daya tarik wisata, kata dia, tidak hanya sebatas destinasi namun juga upaya warga setempat dalam memberikan pelayanan kepada siapa saja yang datang ke daerah itu, salah satunya ketersediaan tempat menginap yang sehat, bersih dan nyaman.

"Untuk itu kami berupaya terus mendorong, melakukan pendampingan dan pelatihan kepada para pemilik rumah singgah, homestay dan pondok wisata agar semakin terampil mengelola usahanya. Tentunya akan berdampak positif terhadap upaya bersama memajukan kesejahteraan masyarakat dari sektor wisata," ujarnya.

Editor : Ikhsan Firmansyah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: