Gawat, Sumber Air Baku di Bangka Selatan Tercemar Limbah Timah

Wiwin Suseno ยท Senin, 25 Oktober 2021 - 10:10:00 WIB
Gawat, Sumber Air Baku di Bangka Selatan Tercemar Limbah Timah
Kondisi air baku di SPAM Tukak Sadai, Bangka Selatan yang tercemar limbah tambang timah. (Foto: iNews/Wiwin Suseno)

BANGKA SELATAN, iNews.id - Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid meminta segera dilakukan penanganan terhadap sumber air baku di Sistem Pengadaan Air Minum (SPAM) Tukak Sadai yang berwarna keruh. Sumber air baku tersebut tercemar limbah tambang timah.

"Saya sudah perintahkan Plh Sekda saya dan Satker terkait untuk turun segera melihat kondisinya, karena SPAM ini merupakan sumber air bersih bagi warga yang harus kita jaga bersama," kata Riza, Minggu (24/10/2021).

Riza juga mengimbau penambang timah agar memerhatikan fasilitas umum yang dibangun pemerintah agar tidak tercemar limbah aktivitas tambang.

Sementara itu Plh Sekda Bangka Selatan Haris Setiawan mengatakan akan segera menindaklanjuti informasi pencemaran yang terjadi di SPAM Tukak Sadai. "Pak Bupati sudah memerintahkan saya, nanti saya bersama Satker terkait segera turun untuk menindaklanjuti informasi tersebut," ucapnya. 

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) SPAM Toboali, Yudi Siswanto mengatakan, keruhnya air di SPAM Tukak Sadi sudah terjadi hampir sebulan terakhir. Peralatan yang dimiliki belum mampu menjernihkan air tersebut

Akibat air baku yang keruh tersebut, aliran air ke rumah warga di beberapa desa di Kecamatan Tukak Sadai juga menjadi keruh. Akibatnya mereka sering dimarahi warga lantaran air yang dialirkan ke rumah warga masih keruh.

"Kami sering dimarahi warga desa Pasir Putih dan Sadai yang menggunakan air dari SPAM kami, karena air yang dialiri ke rumah warga keruh," ucapnya.

Menurut Yudi pihaknya telah menyurati dinas terkait untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Tujuannya agar air SPAM di Kecamatan Tukak Sadai kembali jernih dan layak dimanfaatkan oleh warga.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: