Gubernur Babel Larang Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri

Antara · Rabu, 05 Mei 2021 - 12:24:00 WIB
Gubernur Babel Larang Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri
Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel gencarkan operasi yustisi. Foto: Antara

PANGKALPINANG, iNews.id - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman Djohan, mengeluarkan kebijakan larangan isolasi mandiri bagi pasien Covid-19. Larangan ini dilakukan menyusul meningkatnya kasus positif Covid-19 di Babel pada masa Ramadan.

"Kita kembali mewajibkan orang terpapar virus corona mengikuti isolasi di wisma karantina dan rumah sakit," kata Erzaldi, di Pangkalpinang, Babel, Rabu (5/5/2021).

Erzaldi menilai, salah satu faktor penyebab tingginya kasus Covid-19 di Babel, lantaran pasien yang terpapar tidak melakukan isolasi mandiri sesuai prosedur. Dia tidak membantah bahwa faktor ini pula yang menunjukkan tingkat kedisiplinan masyarakat di Babel sangat rendah.

Dia menegaskan, kebijakan  peniadaan kembali isolasi mandiri pasien Covid-19, sebagai langkah pemerintah daerah menekan angka kasus penularan virus corona yang mengalami peningkatan selama bulan Ramadan.

"Saat ini peningkatan kasus Covid-19, karena masyarakat terpapar virus corona tidak disiplin menjalankan isolasi mandiri," tuturnya.

Editor : Erwin Sihombing