Gubernur Babel Sambangi Nelayan Matras yang Wilayahnya Diduduki Kapal Mitra PT Timah

Haryanto ยท Jumat, 20 November 2020 - 21:46:00 WIB
Gubernur Babel Sambangi Nelayan Matras yang Wilayahnya Diduduki Kapal Mitra PT Timah
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, saat berdiskusi dengan nelayan Matras. (Foto:iNews.id/Haryanto)

BANGKA, iNews.id - Sejumlah nelayan yang sejak beberapa hari lalu menginap di pinggir Pantai Matras, dikejutkan dengan kedatangan Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, Kamis (19/11/2020) malam. Gubernur menemui nelayan untuk berdialog dan mendengarkan langsung keluhan nelayan, guna mencari solusi tentang sumber penghasilan mereka yang terancam akibat kehadiran Kapal Isap Produksi (KIP) mitra PT Timah.

Gubernur yang datang bersama Plt Ketua DRPD Babel, Amri Cahyadi, mengatakan, dirinya sengaja datang secara diam-diam untuk memastikan kondisi masyarakat nelayan, yang melakukan aksi protes KIP yang beroperasi di wilayah tangkap ikan nelayan tradisional.

"Saya menemui nelayan untuk mendengarkan aspirasi masyarakat secara langsung. Saya mau tau kondisi dan persoalannya seperti apa," kata Erzaldi, saat berdialog dengan nelayan.

Menurutnya dalam Perda RZWP3K (Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil) telah diatur batas minimal aktivitas penambangan laut. Tidak boleh dilakukan jika kurang dua mil dari pesisir.

"Kenyataannya gak bisa bagi yang sudah ada IUP (Izin Usaha Pertambangan). IUP yang di sini yang berakhir masanya 2025. IUP ini diterbitkan oleh Kementerian ESDM, jadi kalau kata kalian (nelayan) tadi aktivitas ini membuat daya tangkap menjadi berkurang, saya akan mengajukan itu tapi harus berproses," ujarnya.


Editor : Ikhsa Firmansyah