Harga Cabai dan Bawang di Babel Turun Pascakenaikan BBM, Ini Penyebabnya

Antara ยท Rabu, 21 September 2022 - 15:17:00 WIB
Harga Cabai dan Bawang di Babel Turun Pascakenaikan BBM, Ini Penyebabnya
Harga cabai dan bawang merah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung turun setelah bahan bakar minyak (BBM) subsidi naik.. (Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani)

PANGKALPINANG, iNews.id - Harga cabai dan bawang merah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung turun setelah bahan bakar minyak (BBM) subsidi naik. Sebab, pasokan komoditas dari daerah sentra produksi di Pulau Jawa dan Sumatera lancar.

Berdasarkan hasil pantauan petugas BPS di sejumlah pasar tradisional dan modern dalam minggu ini, harga bawang merah turun menjadi Rp39.500 dibandingkan minggu sebelumnya Rp55.000 per kilogram. Sedangkan harga cabai merah turun Rp55.000 dibandingkan sebelumnya Rp95.000 per kilogram.

"Setelah kenaikan harga BBM ini, harga kebutuhan pokok masih relatif stabil dan cenderung mengalami penurunan," kata Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel, Toto Haryanto Silitonga, Rabu (21/9/2022).

Dia mengatakan demikian juga harga cabai rawit turun menjadi Rp69.000 dibandingkan minggu sebelumnya Rp110.000 per kilogram. Selain itu harga berbagai jenis ikan juga mengalami penurunan rata-rata 13,19 persen, sebab hasil tangkapan ikan nelayan meningkat.

"Harga pangan ini turun karena pasokan dari luar daerah berjalan dengan lancar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tinggi," ujarnya.

Editor : Ikhsan Firmansyah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: