Jelang Lebaran, Stok Sapi di Bangka Tengah Aman

Rachmat Kurniawan ยท Senin, 03 Mei 2021 - 08:30:00 WIB
Jelang Lebaran, Stok Sapi di Bangka Tengah Aman
Stok sapi di rumah ternak dan penjualan sapi H. Sarmud Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah. Foto: iNews.id/Rachmat Kurniawan

BANGKA TENGAH, iNews.id - Stok sapi di Bangka Tengah masuk dalam kategori aman. Pada H-10 Hari Raya Idul Fitri, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Sadjidin, mencatat sedikitnya tersedia 232 ekor sapi di tiga rumah ternak dan penjualan sapi besar di Kabupaten Bangka Tengah yang siap jual.

“Tiga rumah ternak dan penjualan sapi terbesar di Kabupaten Bangka Tengah juga saat ini memiliki stok sapi yang cukup. Seperti di H. Sarmud Kecamatan Koba saat ini memiliki 92 ekor sapi, Sapi Center Kampung Dul memiliki 80 ekor sapi dan rumah ternak H. Rustam Desa Mangkol memiliki 60 ekor sapi,” kata  Sadjidin, Minggu (02/05/2021).

Selain mengandalkan ketersediaan sapi di rumah ternak, ketiga rumah ternak tersebut diketahui akan kembali mendatangkan sapi dari sejumlah daerah di luar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sedangkan stok sapi yang ada sekarang ini diperkirakan mampu mencukupi kebutuhan masyarakat. Pada H-10 Idul Fitri misalnya, setiap rumah ternak sedikitnya bakal memotong lima ekor sapi.

“Angka ini diperkirakan akan naik pada H3 Lebaran hingga mencapai 20 ekor sapi perharinya,” katanya.

Editor : Erwin Sihombing