Kelenteng Kung Fuk Miau Muntok Siap Gelar Tradisi Chit Ngiat Pan atau Sembahyang Rebut

Rizki Ramadhani ยท Kamis, 11 Agustus 2022 - 14:42:00 WIB
Kelenteng Kung Fuk Miau Muntok Siap Gelar Tradisi Chit Ngiat Pan atau Sembahyang Rebut
Replika patung Thai Se Ja yang merupakan simbol perayaan tradisi Chit Ngiat Pan atau Sembahyang Rebut. (Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, iNews.id - Kelenteng Kong Fuk Miau Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, siap menggelar tradisi Chit Ngiat Pan atau Sembahyang Rebut. Tradisi keagamaan tersebut digelar pada Jumat (12/8/2022) besok atau setiap bulan tujuh tanggal 15 penanggalan kalender Cina. 

Pengurus Kelenteng Kung Fuk Miau Muntok, Paularita Miewien mengatakan butuh waktu dua bulan bagi pengurus untuk mempersiapkan tradisi tersebut. 

"Sejauh ini sudah 95 persen, hari ini finishingnya terakhir yaitu pemasangan atau penepatan patung-patung sudah harus di area tempat ritual tersebut,” kata Paularita Miewien, Kamis (11/8/2022) 

Paularita menambahkan, tradisi ini menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa setempat adalah mengharapkan keselamatan dan kerukunan antarumat di dunia. 

"Masyarakat Tionghoa itu mulai datang sejak Jumat subuh untuk berdoa. Sebab dalam ritual itu mereka berdoa tidak hanya yang diritualkan untuk sembayang rebut, tapi di bangunan utamanya juga," ucapnya. 

Tradisi Sembahyang Rebut ini kata Paularita dimulai dengan setelah dibukanya mata patung Thai Se Ja. 

"Di hari H nya di tanggal 15 itu memang wajib untuk ritual. Jadi masyarakat bisa langsung untuk ritual terlebih dahulu. Kalau sembahyang rebutnya setelah dibukanya mata patung Thai Se Ja," katanya. 

Editor : Ikhsan Firmansyah

Bagikan Artikel: