Ketua Bawaslu RI Cek Kesiapan Pengawasan Pilkada Belitung Timur

Devi Sulitya ยท Rabu, 14 Oktober 2020 - 21:01 WIB
Ketua Bawaslu RI Cek Kesiapan Pengawasan Pilkada Belitung Timur
Ketua Bawaslu RI Abhan didampingi jajaran Bawaslu Kabupaten Beltim, Rabu (14/10/2020). (Foto: Istimewa)

BELITUNG TIMUR, iNews.id - Ketua Bawaslu RI Abhan meninjau kesiapan pengawasan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Belitung Timur, Rabu (14/10/2020). Dalam kunjungannya, Abhan juga memberikan apresiasi dan dukungan moral kepada jajaran Bawaslu dan Panwascam se-Kabupaten Belitung Timur karena telah mengawasi tahapan pilkada di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Abhan saat berkunjung ke Bawaslu Kabupaten Belitung Timur bersama Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) serta jajaran Sekretariat Bawaslu Babel, Rabu (14/10/2020).

Menurut Ketua Bawaslu RI, Abhan, mengawasi pilkada di tengah pandemi bukanlah perkara mudah. Terlebih, protokol kesehatan harus dilakukan secara ketat.

“Apresiasi kepada kawan-kawan semua, karena bukan hal yang mudah mengawasi pelaksanaan pilkada di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti ini,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Abhan juga menjelaskan bahwa jajaran pengawas pemilu juga mempunyai tugas dan kewajiban mengawasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 pada setiap tahapan Pilkada Serentak 2020.

“Kondisi saat ini mengharuskan pengawas bukan hanya mengawasi soal politik uang dan sebagainya, namun juga mengawasi penerapan protokol kesehatan,” katanya

Abhan juga mengingatkan agar Panwascam terus berkoodinasi dengan Bawaslu kabupaten apabila menemui kendala di lapangan. Koordinasi itu baik dari sisi pengawasan maupun penanganan pelanggaran.


Editor : Ikhsa Firmansyah