Komisi IV DPR Dukung Bebaskan Zona Nelayan dari KIP di Perairan Babel

Haryanto · Jumat, 04 Desember 2020 - 08:22:00 WIB
Komisi IV DPR Dukung Bebaskan Zona Nelayan dari KIP di Perairan Babel
Gubernur Babel Erzaldi Rosman, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Ruang Rapat Komisi IV DPR RI, Jakarta, Kamis (3/12/2020). (Foto:istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Komisi IV DPR menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) evaluasi operasional Kapal Isap Pasir (KIP) di perairan Bangka Belitung (Babel), di Ruang Rapat Komisi IV DPR RI, Jakarta, Kamis (3/12/2020). Rapat itu guna mencari solusi bagi nelayan yang terdampak dengan keberadaan KIP.

RDP ini dihadiri Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman, Dirjen Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan pihak terkait lainnya.

Wakil Ketua Komisi IV DPR, Dedi Mulyadi mengatakan, dirinya saat bertemu dengan para nelayan di Pantai Matras, Kabupaten Bangka, mendapat keluhan jika mereka tidak bisa melaut. Hal itu lantaran jarak antara KIP dengan lokasi pencarian ikan sangat dekat. 

"Alhasil, terumbu karang rusak dan beberapa spesies ikan mati. Kompensasi atas permasalahan ini juga dinilai kurang sesuai dengan dampak yang diterima," katanya, Kamis (3/12/2020).

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2 3