Membanggakan, 5 Anak Disabilitas di Babel Lulus Pramuka Garuda

Haryanto · Kamis, 18 Maret 2021 - 19:40:00 WIB
Membanggakan, 5 Anak Disabilitas di Babel Lulus Pramuka Garuda
Lima anak disabilitas lulus Pramuka Garuda setelah menjalani seleksi di Bangka Barat. (Foto: iNews.id/Haryanto)

BANGKA BARAT, iNews.id - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bangka Barat, Kwartir Daerah Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menggelar penilaian Pramuka Garuda Perdana pada yang dilaksanakan sejak Rabu (17/3/21). Tak disangka, lima anak berkebutuhan khusus atau disabilitas lulus Pramuka Garuda, tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka.

Seleksi terhadap lima orang  dalam giat yang dilaksanakan di Aula SLB Negeri Muntok Bangka Barat tersebut sedianya sudah dilakukan sejak dua tahun lalu secara profesional dan ketat. Mereka yang lulus harus melewati serangkaian syarat antara lain, syarat kecakapan umum, kecakapan khusus, bahasa pergaulan internasional, bahasa isyarat, menjadi teladan di lingkungannya, dan syarat lainnya.

"Ini merupakan buah dari hasil dari kerja keras tim percepatan Pramuka Garuda Kwarcab Bangka Barat yang didukung penuh oleh tim yang ditugaskan oleh ka kwarda Babel," kata Waka Binamuda Kwarcab Bangka Barat, Ahmad Fikri Baraqbah, Kamis (18/3/2021).

Dia menjelaskan, empat orang yang lulus Pramuka Garuda itu penyandang tunarungu. Mereka masing-masing Maydianna Putri Praenty (penggalang putri), Griska Septiana (penggalang putri), Afif Nabawi (penggalang) dan Agus Wiranto (penegak). Sedangkan seorang lagi, Erlangga Saputra (penegak), anak dengan tunagrahita.

"Kali ini merupakan penilaian perdana dan dibantu seorang penerjemah bahasa isyarat. InsyaAllah setelah ini akan dilakukan penilaian Pramuka Garuda bagi peserta didik lainnya," ujarnya.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2