Mendagri Optimistis Babel Mampu Tangani Pandemi Covid-19

Antara ยท Kamis, 02 September 2021 - 16:56:00 WIB
Mendagri Optimistis Babel Mampu Tangani Pandemi Covid-19
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meyakini Babel mampu menangani kasus Covid-19. Faktor geografis kepulauan membuat Babel lebih mudah menangani penyebaran kasus Covid-19. (Foto: Ist)

PANGKALPINANG, iNews.id - Mendagri Tito Karnavian optimistis Bangka Belitung (Babel) bisa mengatasi pandemi Covid-19. Pasalnya pemerintah daerah telah menekan mobilitas warga dan memperketat pengawasan di bandara dan pelabuhan.

"Daerah-daerah kepulauan yang dibatasi alam atau laut, sebetulnya memiliki peluang lebih besar untuk mengendalikan dan memutus mata rantai penularan Covid-19," kata Mendagri, usai rapat koordinasi tertutup dengan kepala daerah se-Provinsi Kepulauan Babel di Pangkalpinang, Kamis (2/9/2021).

Menurutnya, bentuk wilayah kepulauan menjadi keunggulan bagi Babel untuk mengatasi pandemi Covid-19. Dengan menekan lalu lintas orang di pintu masuk penyebaran Covid-19 bisa dikendalikan.

Tito mengatakan, Babel merupakan provinsi kepulauan memiliki dua pulau besar yaitu Pulau Bangka dan Belitung serta ratusan pulau-pulau kecil berpenghuni. Tidak seperti Pulau Jawa yang memiliki pintu-pintu darat yang menghubung antarprovinsi, kabupaten, kota sehingga mobilitas masyarakat sulit dicegah.

Tito mengaku sudah mendengar laporan langsung dari Gubernur Babel serta seluruh kepala daerah terkait penangan kasus Covid-19. Dia menilai Babel sudah berada di jalur yang tepat.

"Indikator kasus penularan harian kasus, BOR dan angka kematian pasien Covid-19 di Provinsi Kepulauan Babel mengalami penurunan, namun sempat menghadapi situasi kenaikan kasus Covid-19 yang cukup tinggi," katanya.

Editor : Erwin C Sihombing