Pascakenaikan BBM, Harga Cabai dan Bawang Merah di Pasar Muntok Ikut Naik

Rizki Ramadhani ยท Rabu, 07 September 2022 - 16:03:00 WIB
Pascakenaikan BBM, Harga Cabai dan Bawang Merah di Pasar Muntok Ikut Naik
Ketersediaan cabai di Pasar Tradisional Muntok, Kabupaten Bangka Barat. (Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, iNews.id - Pascakenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), harga sejumlah kebutuhan bahan pokok di Pasar Tradisional Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, mulai merangkak naik. Kenaikan terjadi pada harga bawang dan berbagai jenis cabai

"Naik itu tidak tau faktor apa, cuaca atau naiknya harga BBM," kata Salah satu pedagang di Pasar Tradisional Muntok, Safri, Rabu (7/9/2022). 

Safri menuturkan harga cabai besar merah dan cabai rawit kini mengalami kenaikan pada jumlah yang sama. 

"Harga cabai rawit yang sebelumnya Rp90.000, hari ini naik jadi Rp95.000. Terus cabai besar juga sama hari ini di posisi Rp95.000, sebelumnya Rp60.000. Naiknya sama bertahap," ucapnya. 

Selain harga cabai, kata dia, kenaikan juga terjadi pada harga bawang merah. 

"Bawang merah naik, sekarang di angka Rp32.000 per kilogram. Untuk bawang putih masih stabil di angka Rp22.000 per kilogram yang bersih, kalau untuk yang kotor seharga Rp17.000. Informasi akan naik terus, karena faktor trasportasi," tuturnya. 

Sementara salah satu agen sembako di Pasar Tradisional Muntok, Boha menyampaikan kenaikan sejumlah harga ini disebabkan menurunnya hasil panen dan naiknya tarif pengiriman barang. 

"Faktor daya panen berkurang, ditambah ongkos trasportasi juga naik. Jadi karena naik, pedagang tidak banyak ngambil, pasar juga jadi sepi," kata Boha. 

Editor : Ikhsan Firmansyah

Bagikan Artikel: