Pemkot Pangkalpinang Siapkan 5.000 Rapid Antigen untuk Pemeriksaan Keliling

Antara ยท Selasa, 05 Januari 2021 - 15:35:00 WIB
Pemkot Pangkalpinang Siapkan 5.000 Rapid Antigen untuk Pemeriksaan Keliling
Layanan rapid test antigen. (Foto:Antara)

PANGKALPINANG, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan sebanyak 5.000 unit alat tes rapid antigen.  Alat tes tersebut akan digunakan untuk pemeriksaan keliling dalam program kegiatan road swab.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Masagus Hakim mengatakan, sebanyak 5.000 alat tes tersebut saat ini sudah siap digunakan untuk melayani pemeriksaan warga. Pemeriksaan menyasar beberapa lokasi yang dinilai risiko tinggi seperti pasar, swalayan, kantor bank, tempat ibadah, lembaga pemasyarakatan dan lainnya.

"Jumlah alat sebanyak itu sudah siap digunakan, hasil kerja sama antara Dinkes Kota Pangkalpinang bersama Pemprov Babel. Kami berharap upaya ini dapat membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang saat ini semakin meningkat," katanya, Selasa (5/1/2021).

Selain menyiapkan pemeriksaan keliling, Pemkot Pangkalpinang juga sedang menyiapkan lokasi baru untuk menampung pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan.

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan dinas terkait agar bisa membuka kembali Lembaga Penjaminan Mutu pendidikan (LPMP) agar dijadikan lokasi untuk menampung pasien Covid-19.

"Kami sudah meminta ke Pemprov agar bisa membantu Pemkot Pangkalpinang untuk membuka kembali ruangan di LPMP walaupun tidak ada anggaran,” ujarnya.

Editor : Ikhsa Firmansyah