Penerima BPUM di Bangka Selatan Mengeluh, Bantuan Sudah Masuk tapi Tak Dicairkan Bank

Wiwin Suseno ยท Rabu, 13 Januari 2021 - 14:11:00 WIB
Penerima BPUM di Bangka Selatan Mengeluh, Bantuan Sudah Masuk tapi Tak Dicairkan Bank
Salah seorang penerima banpres di Bangka Selatan mengaku belum dapat mencairkan bantuan tersebut. (Foto: istimewa)

BANGKA SELATAN, iNews.id - Salah seorang penerima bantuan presiden (Banpres) untuk Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) di Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Matriono, mengeluh lantaran belum dicairkan bank. Sedangkan dirinya sudah melengkapi persayaratan yang diminta dan uang bantuan pun sudah masuk ke rekeningnya pada 5 Oktober 2020 lalu.

Menurut Matriono, Saat hendak mencairkan bantuan tersebut, bank belum mau mencairkan. Bahkan menurut keterangan pihak bank, bantuan tersebut saat ini sudah tidak ada lagi di rekeningnya.

Kondisi seperti ini, kata dia, juga dialami oleh dua rekannya yang juga penerima BPUM di Bangka Selatan.

"Bantuannya sudah masuk ke rekening saya tanggal 5 Oktober 2020 sebesar Rp2,4 juta. Berkas syarat penerimanya juga sudah kami lengkapi. Namun sampai enam kali bolak-balik ke bank, bantuan kami itu tidak bisa dicairkan,” katanya, Rabu (13/1/2021).

Saat minta penjelasan pada 24 Desember, kata dia, pihak bank menjelaskan bantuan tersebut rencananya akan dicairkan sekitar 4 Januari 2021. 

“Saat kami tanya lagi, kata pihak banknya sudah tidak ada lagi uangnya. Saya heran kemana uang yang sudah masuk ke rekening saya itu," ujarnya. 

Dirinya berharap agar bank bisa menjelaskan perihal uang tersebut agar dia tidak bingung terkait hak yang tak bisa dicairkan itu.

Guna mendapatkan jawaban terhadap keluhan penerima BPUM tersebut, awak media mencoba menghubungi unit bank di Toboali pada Rabu (13/1/2021). Namun, pihak bank belum bisa memberi keterangan.

Hingga berita ini diturunkan, awak media terus berupaya mencari jawaban mengenai permasalahan BPUM tersebut. 

Editor : Ikhsa Firmansyah