Penuhi Kebutuhan Beras Berkualitas, Babel Targetkan Pengembangan 1.000 Hektare Sawah Organik

Antara ยท Kamis, 04 Februari 2021 - 12:35:00 WIB
Penuhi Kebutuhan Beras Berkualitas, Babel Targetkan Pengembangan 1.000 Hektare Sawah Organik
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bangka Belitung, Junaidi (tengah), serta Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka, Elius Gani (kanan). (Foto: Antara)

BANGKA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung menargetkan pengembangan sawah organik seluas 1.000 hektare. Hal itu guna memenuhi kebutuhan beras berkualitas baik untuk pasar lokal maupun nasional.

"Kami lakukan secara bertahap dan sampai saat ini baru 100 hektare area sawah organik yang sudah dikembangkan petani. Target pengembangan perluasan sawah organik seluas 1.000 hektare dipusatkan di Desa Kemuja Bangka," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bangka Belitung, Junaidi, Kamis (4/2/2021).

Menurut dia, sistem pengelolaan sawah organik menerapkan pola korporasi dengan peningkatan skala usaha hulu hilir, dengan teknologi dan kemitraan.

Pihaknya juga akan mengajukan ke pemerintah pusat agar kawasan tersebut ditetapkan sebagai kawasan lumbung pangan padi organik food estate berbasis korporasi atau pengelola pihak lain.

Junaidi mengatakan, kemampuan produksi padi sawah organik rata-rata tiga sampai lima ton per hektare atau masih di bawah target produksi yang mencapai maksimal 10 ton per hektare.

"Keseriusan pemerintah Bangka Belitung mengembangkan padi sawah organik karena nilai jual yang cukup tinggi mencapai Rp12.000 per kilogram untuk jenis beras putih dan Rp45.000 per kilogram beras hitam," ujarnya. 

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2