Pertama di Indonesia, Babel Gunakan Kartu Kendali Gas LPG

Haryanto ยท Jumat, 05 Februari 2021 - 14:48:00 WIB
Pertama di Indonesia, Babel Gunakan Kartu Kendali Gas LPG
Kartu pengendali gas elpiji yang diterima warga saat uji coba. (Foto : iNews.id/Haryanto)

PANGKALPINANG, iNews.id - Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel), meluncur kartun kendali (fuel card) gas elpiji 3 kilogram, Jumat (5/2/2021). Hal itu dilakukan agar penyaluran subsidi gas melon tepat sasaran, sehingga dapat menanggulangi kelangkaannya di tengah masyarakat.

Peluncuran kartu tersebut baru tahap uji coba yang dilakukan oleh Wakil Gubernur Babel, Abdul Fattah, di salah satu pangkalan gas elpiji di Pangkalpinang. 

"Kami mengenalkan sistem fuel card. Dengan kartu kendali gas elpiji ini agar penyaluaran gas ini benar-benar tepat sasaran. Perangkat lunaknya ada di Bank BRI seperti yang kami lakukan pada BBM solar," kata Abdul Fattah.

Dengan sistem fuel card ini, harapnya, penyaluran gas elpiji 3 kilogram tidak mengalami kendala. Masyarakat pun tidak perlu mengantri panjang untuk memperolehnya.

Namun, kata dia, pihaknya kini tengah mendata warga yang berhak atas subsidi gas tersebut. Ia menergetkan dalam waktu dekat akan dibagikan secara merata kepada masyarakat.

"Mengenai data warga yang akan menerima bulan ini harus rampung. Sehingga paling lama awal Maret ini sudah bisa dioperasionalisasi," ujarnya.

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2