Raih Skor 850, Selangkah Lagi Geopark Belitung Diakui UNESCO

Haryanto ยท Senin, 08 Februari 2021 - 10:12:00 WIB
Raih Skor 850, Selangkah Lagi Geopark Belitung Diakui UNESCO
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, saat santap malam di hari terakhir kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, di Eco Beach, Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Sabtu (7/2/21). (Foto: iNews/Haryanto)

BELITUNG, iNews.id - Geopark Belitung meraih skor 850 pada ujian akhir sidang konsel dari UNESCO Global Geopark yang dilaksanakan 8 Desember 2020 lalu. Dengan demikian, tinggal selangkah lagi Geopark Belitung diakui UNESCO.

"Saya bangga dengan tim persiapan Geopark Belitong. Ini sudah final dan tinggal di clearkan saja hingga sertifikat tersebut dapat kita terima pada bulan April mendatang," kata Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, saat santap malam di hari terakhir kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, di Eco Beach, Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Sabtu (7/2/21).

Rencananya, jika tidak ada halangan, sertifikat tersebut akan diterima pada bulan April mendatang. Menurutnya, sangat wajar Belitung mendapatkan status UNESCO Global Geopark, karena potensi geopark yang tak terbantahkan lagi.

"Ke depan kami akan mempersiapkan dan memberdayakan tim Geopark Belitong, mengingat banyak sekali daya tarik dari geopark disini," katanya.

Kepala Badan Pengurus (BP) Geopark Belitong, Yuspian, mengatakan, Geopark Belitong tinggal menunggu undangan pemanggilan Babel atas geosite-geosite di Belitung, yang telah diajukan pada November 2020 lalu untuk diakui UNESCO. 

"Nilai tinggi yang diraih Babel hingga mencapai skor 850 untuk Geopark Belitong, merupakan nilai tertinggi yang pernah diperoleh Indonesia dalam pengalaman mengajukan diri menjadi Geopark UNESCO dalam standar skor penilaian tertinggi 1.000 poin," ujar Yuspian.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2