Sengketa Lahan di Bangka Nyaris Ricuh, Ratusan Orang Dobrak Pintu dan Rusak Pagar

Ikhsan Firmansyah · Kamis, 17 Maret 2022 - 08:39:00 WIB
Sengketa Lahan di Bangka Nyaris Ricuh, Ratusan Orang Dobrak Pintu dan Rusak Pagar
Sengketa lahan di Desa Air Anyir Bangka nyaris ricuh. (Foto:ist)

BANGKA, iNews.id - Sengketa lahan atas sebidang tanah di Jalan Lintas Timur, Desa Air Anyir, Kabupaten Bangka nyaris ricuh, Rabu (16/3/2022). Ratusan orang mendatangi lahan sengketa lalu mendobrak pintu dan melakukan perusakan pagar.

Sengketa itu terjadi antara PT Sumber Mas Pratama (SMP) dan PT Babel Citra Mandiri (BCM). Kedua pihak saling klaim punya hak sah untuk mengelola lahan tersebut.

Selain melakukan perusakan, ratusan orang yang diduga merupakan suruhan PT BCM juga mendatangkan dua unit ekskavator dan material di lahan sengketa.

Tak terima aset-aset yang diklaim miliknya dirusak dan diserobot oleh pihak PT BCM, PT SMP pun mengambil langkah hukum dan melaporkan PT BCM ke Polda Babel atas dugaan perusakan aset milik PT SMP.

Humas PT SMP, Fernandes mengaku sempat merasa diintimidasi dengan hadirnya ratusan orang ke kamp milik PT SMP.

“Kami kaget pak, tiba-tiba datang ratusan orang mengepung kami. Kata mereka ingin memasang plang, tapi mendatangkan ratusan orang dan alat berat. Nggak taunya mereka malah bikin kamp,” ujar Fernandes.

Tak hanya itu, kata Fernandes, mereka mencabuti tiang pagar panel milik PT SMP. Kemudian mendobrak pintu pagar serta menginjak-injak sawit yang sudah hampir setahun ditanam. 

“Ini yang kami anggap sudah merupakan perlawanan terhadap hukum. Oleh sebab itu kami laporkan kasus ini ke Mapolda Babel,” ucapnya.

Editor : Ikhsan Firmansyah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: