Sering Dilanda Banjir Rob, Warga Kampung Tanjung Laut Minta Pemerintah Perbaiki Talud

Rizki Ramadhani ยท Rabu, 22 Juni 2022 - 12:14:00 WIB
Sering Dilanda Banjir Rob, Warga Kampung Tanjung Laut Minta Pemerintah Perbaiki Talud
Kondisi talud di pesisir perairan Kampung Tanjung Laut Muntok yang sudah rusak. (Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, iNews.id - Warga Kampung Tanjung Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meminta pemerintah daerah setempat segera melakukan perbaikan talud. Sebab, saat curah hujan tinggi atau air laut pasang kawasan tersebut dilanda banjir rob.

Terakhir kali banjir rob terjadi di Kampung Tanjung Laut pada kamis (16/6/2022) lalu. Ketinggian air mencapai lutut orang dewasa dan merendam sebanyak 50 rumah yang dihuni oleh sekitar 200 jiwa. 

"Kami bimbang untuk tidur, takut air laut tiba-tiba besar dan kami harus mengangkat barang-barang ke tempat lebih tinggi agar tidak terendam air. Kami harap pemerintah dapat meninjau dan memperbaiki talud penahan air laut ini. Sedangkan saat ini talud atau dam penahan air laut pasang sudah rusak," kata salah satu warga, Aina, Rabu (22/6/2022). 

Selain memperbaiki talud, ia juga meminta kepada pemerintah untuk menanam bakau atau mangrove guna memencah gelombang supaya tidak sampai ke permukiman penduduk. 

"Dam ini dibangun sejak tahun 2005 lalu, ada diperbaiki dipasang gorong-gorong dan ada peninggian talud kurang lebih 50 sentimeter. Itu pun sudah dilakukan delapan tahun ke belakang," ucapnya. 

Hal senada disampaikan oleh warga lainnya Johan, dirinya berharap ada campur tangan dari pemerintah daerah untuk segera memberikan solusi terkait permasalahan banjir rob di tempat tinggalnya. 

"Iya kalau angin barat daya itu pasang air laut kan, sudah banjir rata-rata selutut. Paling tinggi lima tahun lalu. Harapannya talud itu diperbaiki, biar tidak banjir agar kami bisa tidur tenang," ujar Johan. 

Editor : Ikhsan Firmansyah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: