Stok di Puskesmas Koba Menipis, Vaksinasi Dosis Kedua Terancam Ditunda

Rachmat Kurniawan ยท Jumat, 09 Juli 2021 - 14:10:00 WIB
Stok di Puskesmas Koba Menipis, Vaksinasi Dosis Kedua Terancam Ditunda
Vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat di Puskesmas Koba. Foto : iNews.id/Rachmat Kurniawan

BANGKA TENGAH, iNews.id - Stok vaksin di Puskesmas Koba, Bangka Tengah, tersisa 4 vial atau hanya untuk 40 orang. Stok yang ada diprediksi habis pada akhir pekan ini dan pelaksanaan vaksinasi dosis kedua bagi warga terancam ditunda.

"Memang stok vaksin Covid-19 yang kita miliki saat ini tersisa 4 vial untuk 40 orang. Jadi saat ini kita fokus melakukan vaksinasi kedua bagi masyarakat," ujar Kepala Puskesmas Koba, dr Samsul, Jumat (9/7/2021).

Samsul menilai stok yang ada akan habis pada akhir pekan ini, mengingat penyaluran vaksin bagi masyarakat terus berlangsung setiap harinya. Penyuntikan dosis kedua kepada warga harus tertunda jika tidak ada stok.

"Rencananya pada pekan depan kita akan melaksanakan vaksinasi kedua bagi pedagang di pasar Modern Koba, tapi jika tidak ada pasokan vaksin maka kita tidak dapat melaksanakan vaksinasi tersebut," ujarnya.

Hingga saat ini, Puskesmas Koba telah menyalurkan vaksinasi Covid-19 kepada lebih dari 5.000 masyarakat. Diharapkan ketersediaan vaksin dapat terpenuhi, mengingat kebutuhan vaksin bagi masyarakat di kecamatan Koba sebanyak 26.000 jiwa. 

"Kebutuhan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat di kecamatan Koba ini sebenarnya sebanyak 26.000 dosis untuk tahap pertama dan ditambah dengan tahap kedua, jadi total kebutuhan vaksin sebanyak 52.000 dosis. Tapi hingga saat ini kita baru melakukan vaksinasi tehadap lebih dari 5.000 orang masyarakat," ujar Syamsul.

Editor : Erwin C Sihombing