Sumber Air Irigasi Desa Ranggung Dicemari TI Tungau, Tim Gabungan Lakukan Penertiban

Wiwin Suseno ยท Kamis, 03 Juni 2021 - 13:13:00 WIB
Sumber Air Irigasi Desa Ranggung Dicemari TI Tungau, Tim Gabungan Lakukan Penertiban
Peneralatan tambang jenis TI Tungau diamankan tim gabungan. Foto: Istimewa

BANGKA SELATAN, iNews.id - Sumber air irigasi Desa Ranggung, Bangka Selatan, tercemar diduga dampak aktivitas tambang timah ilegal jenis tambang inkonvensional (TI) tungau. Tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP Bangka Selatan, TNI - Polri dan petugas dari Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (DPPP) mulai melakukan penertiban, pada Rabu (2/6/2021).

Ratusan TI tungau tersebut ditertibkan lantaran mengeroyok dengan melakukan aktivitas di daerah aliran sungai (DAS) yang menjadi sumber Air Irigasi sawah desa setempat. Dalam penertiban itu, tidak ada pemilik maupun penambang yang diamankan personel gabungan kecuali beberapa peralatan tambang yang diangkut petugas.

Pelaksana tugas (Plt) Kasatpol PP Bangka Selatan, Firmansyah mengatakan, penertiban dilakukan menindaklanjuti laporan petani di desa setempat yang terganggu dengan aktivitas tambang tersebut. Para petani mulai gerah karena TI tungau mencemari sumber air.

"Aktivitas ratusan TI tungau ini sudah merusak DAS yang menjadi sumber air irigasi sawah di Desa Ranggung dan meresahkan petani, jadi langsung kita tertibkan," kata Firmansyah, Kamis (03/06/2021).

Tim gabungan, kata dia, juga sudah mengimbau para penambang agar tak lagi beraktivitas di DAS yang menjadi sumber air irigasi persawahan. Sebab kegiatan tersebut lebih banyak mudarat daripada manfaatnya.

"Kades dan gabungan kelompok tani setempat juga dilibatkan dalam penertiban ini. Kita juga sudah mengimbau para penambang agar tak melakukan aktivitas lagi supaya sumber air irigasi sawahnya tidak tercemar," ucapnya.

Editor : Erwin Sihombing