Tangani Banjir, Pemkot Pangkalpinang Uji Coba Pompa Mobile

Antara · Rabu, 05 Januari 2022 - 15:32:00 WIB
Tangani Banjir, Pemkot Pangkalpinang Uji Coba Pompa Mobile
Uji coba pompa mobile untuk penanganan banjir di Kota Pangkalpinang. (Foto: Antara)

PANGKALPINANG, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang melakukan uji coba pompa bergerak (mobile) sebagai persiapan penanganan banjir. Uji coba tersebut untuk melihat kapasitas, kekurangan dan kendala yang mungkin terjadi.

"Mesin ini mampu menyedot air sebanyak 100 liter per detik. Jadi jika dihitung dalam satu menit bisa menyedot enam ton air," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pangkalpinang, Miego, Rabu (5/1/2022).

Dengan adanya mesin pompa air tersebut diharapkan dapat mempercepat proses penyusutan air saat terjadi genangan. Agar air yang dibuang ke sungai tidak kembali masuk ke saluran, akan dibuat pintu air yang berfungsi buka tutup saat air laut pasang.

"Jadi untuk pelaksanaannya, jika air laut pasang maka pintu air akan ditutup dan dilakukan penyedotan air yang ada di saluran yang tergenang ke sungai. Sehingga genangan air lebih cepat surut," ucapnya.

Dia mengatakan, ada sekitar 25 titik genangan air di Pangkalpinang. Namun untuk wilayah rawan hanya beberapa titik. Salah satunya di wilayah belakang Puncak Mall Jalan KH Cholid Samid Kota Pangkalpinang.

"Diharapkan dengan adanya pompa bergerak ini, saat Pangkalpinang diguyur hujan lebat dan kondisi air laut pasang bisa surut lebih cepat," katanya.

Editor : Ikhsan Firmansyah

Bagikan Artikel: