Terinspirasi Tayangan Medsos, Seorang Karyawan di Pangkalpinang Rekayasa Kasus Kerampokan

Haryanto · Selasa, 08 Juni 2021 - 11:38:00 WIB
Terinspirasi Tayangan Medsos, Seorang Karyawan di Pangkalpinang Rekayasa Kasus Kerampokan
Tim Buser Naga Satreskrim Polres Pangkalpinang melakukan olah TKP di Optic Internasional setelah menerima laporan kerampokan. Foto: iNews.id/Haryanto

PANGKALPINANG, iNews.id - Seorang karyawan Optic Internasional, Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel), Faisal (19), ditangkap polisi karena merekayasa laporan perampokan untuk menutupi uang sebesar Rp4.500.000 yang dicurinya dari kasir. Faisal mengaku terinspirasi dari tayangan di media sosial (medsos) yang ditonton sebelum membuat laporan fiktif.

Faisal mengaku melakukan kejahatan tersebut untuk transaksi jual beli saham (trading) secara daring. Dia butuh uang untuk membeli saham.

"Dia menggunakan uang tersebut untuk membeli obligasi saham dan dia kalah, sehingga dia mengambil uang kasir untuk membeli saham lagi," kata Kasatreskrim Polres Pangkalpinang, AKP Adi Putra, Selasa (8/6/2021).

Tim Buser Naga Satreskrim Polres Pangkalpinang awalnya menindaklanjuti laporan kerampokan dengan melakukan olah TKP. Namun tim menemukan tanda-tanda TKP tidak mengalami perampokan seperti yang dilaporkan Faisal.

Ketika diperiksa, Faisal malah memberikan keterangan yang berbelit-belit. Akhirnya pemuda asal Malang, Jatim, ini mengaku telah membuat laporan fiktif yang terinspirasi dari salah satu tayangan di medsos.

Penyidik langsung menggeledah kontrakan pelaku dan didapati sejumlah barang bukti yaitu, dua buah senjata api mainan dan uang yang dicuri perlaku senilai Rp4 juta. Kini pelaku mendekam di Mapolres Pangkalpinang dan dijerat pidana pencurian dengan hukuman 7 tahun penjara.

Editor : Erwin Sihombing