Wabup Belitung Jadikan Pandemi Covid-19 Momentum Perkuat Nilai-nilai Pancasila

Antara ยท Selasa, 01 Juni 2021 - 17:15:00 WIB
Wabup Belitung Jadikan Pandemi Covid-19 Momentum Perkuat Nilai-nilai Pancasila
Upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Belitung. Foto: Antara

BELITUNG, iNews.id - Wakil Bupati (Wabup) Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Isyak Meirobie, menjadikan 
pandemi Covid-19 sebagai momentum untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila. Pada peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Isyak meminta masyarakat untuk bergotong-royong melewati pandemi.

Menurut Isyak, dalam butir-butir Pancasila terkandung makna mendalam seperti nilai etika, moralitas, kehidupan sosial masyarakat, dan tuntunan menjadi warga negara yang baik. Dia berharap nilai-nilai tersebut tidak hanya diingat tetapi dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Saat pandemi Covid-19, kita harus memperkuat jiwa Pancasila, karena ada aspek sosial seperti kesatuan bagaimana masyarakat bahu-membahu untuk bisa melewati pandemi ini," kata Isyak, usai mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di Tanjung Pandan, Selasa (1/6/2021).

Isyak mengatakan, sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo dalam amanatnya bahwa Pancasila akan selalu diuji dari waktu ke waktu. Ujian tersebut, kata dia, di antaranya berupa arus digitalisasi ilmu pengetahuan yang pesat hingga masuknya strategi baru dalam menggerogoti Pancasila dengan menawarkan ideologi-ideologi baru.

Dia meyakini, Pancasila memiliki paket lengkap dalam kehidupan dan berbangsa. Singkatnya, Pancasila merupaka ideologi yang cocok untuk Indonesia dengan masyarakat yang majemuk.

Semangat Pancasila, ujar Isyak, dapat diterapkan oleh masyarakat Belitung dalam melewati masa pandemi Covid-19. Dia optimistis dengan semangat Pancasila masyarakat mampu melewati masa-masa sulit sekarang ini.

"Namun kalau kita bisa melewati badai pandemi, maka bangsa Indonesia akan semakin besar," ujarnya.

Editor : Erwin Sihombing