Waspada, DBD di Bangka Capai 150 Kasus

Antara ยท Jumat, 02 September 2022 - 14:16:00 WIB
Waspada, DBD di Bangka Capai 150 Kasus
HAKLI Bangka Provinsi Bangka Belitung mencatat sebaran penyakit DBD di daerah itu mencapai lebih dari 150 kasus.. (Foto: Ilustrasi/Ist.)

BANGKA, iNews.id – Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Bangka, Provinsi Bangka Belitung, mencatat sebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) di daerah itu mencapai lebih dari 150 kasus. Jumlah  itu terhitung dari Januari hingga Agustus 2022. 

“Terhitung dari Januari sampai akhir Agustus 2022, kasus DBD di Kabupaten Bangka mencapai lebih dari 150 tersebar di sejumlah wilayah kecamatan,” kata Ketua HAKLI Bangka, Boy Yandra, Jumat (2/3/2022).

Pihaknya menyarankan masyarakat mewaspadai penyebaran DBD melalui nyamuk aedes aegypti. Caranya memastikan lingkungan rumah harus benar - benar bersih baik dari sampah, tidak ada genangan air di sekitar maupun bersih dari tumpukan barang bekas.

“Selain lingkungan rumah yang harus bersih, memakai kelambu saat tidur perlu dilakukan serta rutin menguras bak mandi serta menebarkan serbuk abate,” ujarnya.

Dia mengatakan bagi orang tua yang memiliki balita dan mengalami gangguan kesehatan hendaknya segera dibawa ke dokter atau pusat layanan kesehatan terdekat untuk mendapat perawatan.

"Pencegahan kasus DBD perlu dilakukan dengan serius, komitmen masyarakat secara bersama-sama untuk memerhatikan kebersihan di lingkungan masing-masing," ucapnya.

Editor : Ikhsan Firmansyah

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsBabel di Google News

Bagikan Artikel: