Bayi dan Induk Trenggiling Bersama 3 Kukang Dilepasliarkan ke Habitatnya

Haryanto · Rabu, 07 April 2021 - 11:01:00 WIB
Bayi dan Induk Trenggiling Bersama 3 Kukang Dilepasliarkan ke Habitatnya
Bayi dan induk Trenggiling saat dilepasliarkan ke hutan konservasi di Bangka Belitung. (Foto: iNews.id/Haryanto)

PANGKALPINANG, iNews.id - Bayi dan induk trenggiling, bersama dua ekor primata jenis kukang dan seekor musang akar, dilepasliarkan ke habitatnya di salah satu hutan konservasi di Pulau Bangka. Satwa dilindungi itu, dikembalikan ke alam agar bisa berkembang biak sehingga tak punah.

Berjarak sekitar 100 kilometer dari pusat Kota Pangkalpinang, tim harus menembus hutan belantara agar hewan itu benar-benar berada di tempat yang aman dan tidak masuk ke permukiman penduduk desa setempat.

"Alhamdulillah, hari ini kami kembali pada salah satu kegiatan utama kami yaitu pelepasliaran satwa liar ke habitatnya di salah satu kawasan konservasi Kepulauan Bangka Belitung," kata Ketua Alobi Foundation, Langka Sani, Rabu (7/4/2021).

Menurut Langka, satwa liar yang berhasil dilepas tersebut telah menjalani masa rehabilitasi dan dinyatakan layak kembali ke habitatnya.

"Tentunya sebelum itu,  BKSDA Sumsel dan Alobi telah melakukan kajian habitat, medical check up, penilaian karakter sebelum satwa ini benar-benar dinyatakan siap untuk dilepasliarkan," ujarnya.

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2