Bentuk Kekebalan Komunal, Tim di Bangka Barat Lakukan Vaksinasi Covid-19 di Lokasi Tambang

Antara · Rabu, 29 September 2021 - 16:00:00 WIB
Bentuk Kekebalan Komunal, Tim di Bangka Barat Lakukan Vaksinasi Covid-19 di Lokasi Tambang
Tim vaksinator Covid-19 Bangka Barat memberikan pelayanan vaksin kepada para pekerja tambang bijih timah di kawasan perkebunana PT THEP, Simpangteritip. (Foto:Antara)

MENTOK, iNews.id - Tim vaksinator Covid-19 di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan vaksinasi kepada para penambang di lokasi tambang timah. Hal itu dilakukan karena masyarakat enggan datang ke gerai serbuan vaksin Covid-19 yang disediakan,

"Kami berharap pola ini bisa mempercepat cakupan jumlah sasaran guna mendukung upaya membentuk kekebalan komunal di daerah ini," kata Kapolsek Simpangteritip, Iptu Rio Pranata Tarigan, Rabu (29/9/2021).

Warga di Kecamatan Simpangteritip, kata dia, masih memiliki rasa enggan datang ke gerai vaksinasi karena belum cukup paham pentingnya mendapatkan vaksin Covid-19.

"Perlu edukasi dan sosialisasi yang lebih agar ke depan mereka secara sukarela datang ke gerai-gerai yang sudah disiapkan," katanya.

Sebagai langkah awal, kata dia, tim vaksinator bersama personel Polsek Simpangteritip dan unsur forkopimcam setempat mendatangi langsung para pekerja tambang yang berlokasi di wilayah perkebunan PT THEP.

Dia mengatakan tim vaksinator telah menyiapkan sebanyak 400 dosis vaksin Sinovac dan langsung mengumpulkan para penambang agar secara bergilir mendapatkan suntikan vaksin.

"Pada kesempatan itu, kami juga menyampaikan imbauan kepada para penambang agar menghentikan aktivitas penambangan bijih timah di lokasi perkebunan milik perusahaan tersebut," katanya.

Setelah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19, tim kemudian membagikan paket berisi beras kepada warga yang telah melakukan vaksinasi.

Editor : Ikhsa Firmansyah

Bagikan Artikel: